Selasa 06 Jul 2021 00:30 WIB

Jangan Asal Memanggang Daging, Ini Peringatan CDC

Memanggang daging mentah di rumah memiliki cukup banyak risiko.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Memanggang daging mentah di rumah memiliki cukup banyak risiko.
Foto: PxHere
Memanggang daging mentah di rumah memiliki cukup banyak risiko.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barbeku-an di rumah rasanya bukan lagi perkara sulit, mengingat kian banyak restoran yang menjual paket BBQ lengkap dengan bumbunya. Namun sayangnya, ketika proses memanggang, masih banyak masyarakat yang tanpa sadar membuat kesalahan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah memperingatkan tentang potensi bahaya kesehatan yang disebabkan kontaminasi silang saat barbekuan di rumah. Memasak daging mentah di rumah memiliki cukup banyak risiko. Anda mungkin berpikir telah memisahkan semua komponen dengan teliti, tetapi mungkin ada komponen lain yang terlupakan.

Baca Juga

Sari daging (juice), bumbu marinasi, saus, atau cairan apapun yang telah menyentuh daging mentah tidak boleh dimasukkan ke dalam makanan yang telah dipanggang, karena akan menyebabkan kontaminasi bakteri. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menuangkan sisa bumbu yang lezat ke atas daging yang baru dipanggang, ingat ada risiko kesehatannya.

"Buang bumbu dan saus yang telah menyentuh daging mentah, karena dapat menyebarkan kuman ke makanan yang telah dipanggang. Pastikan juice juga tidak menyentuh makanan, peralatan, dan permukaan lain," kata CDC seperti dilansir dari Best Life Online, Senin (5/7),

Namun jika cairannya dimasak bersamaan dengan daging, maka aman untuk dikonsumsi. Cairan yang telah menyentuh daging mentah aman digunakan, selama Anda memasaknya dengan daging dan mencapai suhu yang cukup tinggi untuk membunuh bakteri. Menurut Meat Science, setelah daging dimasak, cairan yang merembes darinya benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Namun, situs tersebut memperingatkan, cairan apa pun yang telah menyentuh daging mentah dapat membawa bakteri yang sama dengan sepotong daging mentah, jadi harus ditangani dengan hati-hati.

“Cuci tangan Anda setelah menyentuh daging atau juice-nya. Dan jangan konsumsi keduanya, kecuali telah dimasak pada suhu yang tepat,” kata situs Meat Science.

Kepala Penyakit Menular & Epidemiologi di Advocate Christ Medical Center, Stephen Sokalski, mengatakan bahwa mengonsumsi sejumlah kecil daging mentah atau juice-nya bisa menyebabkan keracunan makanan. Contoh nyata, Anda bisa melihat kejadian beberapa tahun lalu di AS saat terjadi wabah bakteri campylobacter, patogen yang terkait dengan ayam mentah. Bakteri itu menyebar melalui salad di restoran lokal yang terkontaminasi juice hati ayam mentah.

“Rak salad itu ditemukan berada di bawah wadah rak hati ayam mentah. Jadi ketika orang mengeluarkan hati ayam, sedikit juice akan menetes ke salad," jelas Sokalski.

CDC juga ingin mengingatkan untuk memastikan mencuci tangan dengan bersih setelah memegang daging mentah. Peralatan makan seperti piring dan sendok juga dipastikan harus bersih. Selain itu, Anda bisa tetap sehat dengan mendinginkan daging sebelum memanggangnya, dan memasukkan sisa makanan ke dalam lemari es tidak lebih dari dua jam setelah dimasak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement