Senin 05 Jul 2021 21:33 WIB

Makanan Ini tak Baik untuk Ngemil Malam Hari

Kebiasaan ngemil malam hari bisa mempengaruhi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan ngemil malam hari bisa mempengaruhi kesehatan.
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan ngemil malam hari bisa mempengaruhi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asupan makanan menentukan kesehatan maupun tujuan diet yang hendak dicapai. Kebiasaan ngemil bisa mempengaruhi tujuan kesehatan atau sebaliknya memberikan efek buruk.

Julia Zumpano, RD, LD, ahli diet terdaftar di Klinik Cleveland, mengatakan, tentu ada pilihan makanan yang bisa membantu kesehatan, sebaliknya justru menggagalkan tujuan kebugaran. Zumpano menyoroti dua makanan yang, menurutnya, termasuk di antara camilan larut malam terburuk sepanjang masa. 

Baca Juga

Selain makanan, memang waktu atau jam makan juga penting diperhatikan, seperti dikutip EatThis, Senin (5/7).

 

1. Jam makan

Pertama, penting untuk menetapkan parameter disiplin di sekitar jam makan. Sangat ideal untuk menyelesaikan makan terakhir pada sebelum pukul enam sore setiap harinya.

 

2. Renungkan motivasi Anda

Jika, setelah makan malam, Anda dilanda keinginan, pertimbangkan apakah Anda benar-benar lapar atau hanya sekadar rangsangan. Banyak orang makan malam hari, hanya karena mereka bosan. 

Ini adalah alasan terburuk untuk makan. untuk melakukan sesuatu yang konstruktif, coba kegiatan selain makan, seperti membaca, melipat cucian, atau bahkan berolahraga beberapa menit. Misalnya, latihan 5 Menit untuk mengurangi kegemukan perut.

 

3. Hindari makanan ringan bertepung dan asin

Zumpano mengatakan banyak makanan ringan yang bisa memuaskan kebosanan atau menenangkan stres yang sarat dengan kalori, lemak. Tetapi justru camilan seperti ini akan memicu banyak masalah.

 

4. Camilan terburuk di malam hari 

Zumpano mengatakan bahwa dari semua makanan yang menyenangkan, satu yang paling buruk adalah sereal. Penting untuk menghadapi kenyataan tentang sereal yang biasanya dimaniskan, di mana gula memiliki banyak implikasi tidak hanya untuk berat badan, tetapi juga kesehatan. Susu yang kita tambahkan ke sereal aman menambah kalori ekstra, karbohidrat, dan lemak. 

 

5. Pertimbangkan solusi 

Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki sereal rendah gula dan berserat tinggi. Dia menambahkan bahwa ada baiknya lebih berhati-hati untuk mengukur porsi denhan tidak lebih dari satu cangkir. Pilih juga susu alami tanpa pemanis seperti almond, rami, rami, kedelai, atau santan sebagai pelengkap pilihan mangkuk sereal Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement