Jumat 25 Jun 2021 07:12 WIB

Studi: Senyawa yang Lindungi Sel Paru Dapat Blokir Covid-19

Senyawa yang lindungi sel paru tersebut ialah elovanoid (ELV).

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Pasien Covid-19 menunjukkan hasil rontgen parunya. Peneliti di AS menemukan bahwa elovanoid (ELV) ternyata dapat memblokir virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19 sebelum memasuki sel.
Foto:

Mereka menemukan bahwa ELV tidak hanya mengurangi kemampuan protein lonjakan SARS-CoV-2 untuk mengikat reseptor dan memasuki sel, tetapi juga memicu produksi protein pelindung dan antiinflamasi yang melawan kerusakan paru-paru. Para ilmuwan melaporkan bahwa ELV menurunkan produksi ACE2, yang merupakan protein pada permukaan banyak jenis sel.

Reseptor ACE2 bertindak seperti kunci pada sel. Sementara itu, protein lonjakan SARS-CoV-2 bertindak seperti kunci yang membuka kunci membiarkan virus memasuki sel untuk berkembang biak dengan cepat.

Dalam penelitian, untuk pertama kalinya terlihat bahwa sel-sel alveolar memiliki jalur untuk biosintesis ELV. Karena SARS-CoV-2 memengaruhi mukosa hidung, saluran pencernaan, mata, dan sistem saraf, penelitian mengungkap potensi perlindungan ELV.

"Hasil penelitian kami memberikan dasar untuk intervensi dalam mengubah risiko penyakit, perkembangan, dan perlindungan paru-paru dari Covid-19 atau patologi lain, termasuk beberapa jenis pneumonia," ujar Bazan menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement