Selasa 22 Jun 2021 13:39 WIB

Vaksinasi Anak akan Tingkatkan Peluang Herd Immunity

Sebanyak 80 sampai 90 persen populasi harus diimunisasi untuk herd immunity

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda
Ahli Epidemiologi Michael Baker mengatakan vaksinasi anak-anak terhadap Covid-19 akan meningkatkan peluang mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.  (ilustrasi)
Foto:

Ia menjelaskan ada kelompok khusus dalam kelompok usia yang lebih muda yang dapat memperoleh manfaat dari vaksinasi dini seperti anak-anak pekerja perbatasan yang memiliki risiko terpapar virus Covid-19. Bukti internasional tentang anak-anak yang sakit parah akibat Covid-19 bahkan mereka yang memiliki kondisi kesehatan lain terbatas, tetapi imunisasi kelompok yang lebih muda akan membantu melindungi orang dewasa yang lebih tua dalam keluarga.

"Ada beberapa manfaat individu tetapi menghentikan mereka berpotensi menjadi seseorang yang menularkan (virus) kepada orang lain juga penting," kata dia.

Hal ini diuji coba dari beberapa ribu peserta sejauh ini menunjukkan kalau vaksin dapat ditoleransi dengan baik oleh anak-anak dan efek sampingnya konsisten dengan yang diamati pada kelompok usia yang lebih tua dan merupakan reaksi lokal ringan hingga sedang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement