Kamis 10 Jun 2021 20:48 WIB

7 Tanda Peradangan Kronis dan Cara Mengatasinya

Peradangan kronis terjadi terlalu jauh dan gejala tidak selalu terlihat atau jelas.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Peradangan kronis terjadi terlalu jauh dan gejala tidak selalu terlihat atau jelas.
Foto:

Cara Mengurangi Peradangan Kronis

Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menangani peradangan kronis. Dokter Adimoolam-Gupta membagikan tip utamanya untuk mengadopsi gaya hidup anti-inflamasi.

 

1. Kurangi stres

Gabungkan aktivitas yang dapat membantu manajemen stres ke dalam kehidupan sehari-hari, seperti yoga, meditasi, dan pernapasan dalam.

 

2. Prioritaskan tidur

Idealnya, Anda harus tidur tujuh hingga delapan jam per malam. Tidur mendukung produksi hormon pertumbuhan manusia dan testosteron, yang membantu tubuh memperbaiki diri.

 

3. Makan makanan tertentu

Makanan anti-inflamasi seperti buah-buahan dan sayuran, yang kaya akan antioksidan dan polifenol, dapat membantu melindungi dari peradangan.

 

4. Batasi makanan dengan bahan pengawet

Batasi makanan dengan bahan tambahan dan pengawet (misalnya makanan kemasan), serta makanan dengan lemak jenuh dan trans dalam jumlah tinggi (makanan cepat saji), yang dapat memperparah peradangan.

 

5. Bergerak

Olahraga teratur dapat mengurangi molekul pro-inflamasi dan sitokin.

 

6. Batasi alkohol

Konsumsi alkohol merugikan usus dan fungsi hati, serta interaksi multi-organ, memproduksi inflamasi sistemik yang terus-menerus.

 

7. Berhenti merokok

 

Merokok berhubungan dengan tubuh memproduksi molekul anti-inflamasi yang lebih sedikit, yang dapat menyebabkan peradangan. Pertimbangan satu lagi alasan bagus untuk berhenti dari kebiasaan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement