Kamis 10 Jun 2021 13:55 WIB

Mendeteksi Kehamilan Lewat Kondisi Gigi, Memangnya Bisa?

Gingivitis kehamilan disebabkan oleh perubahan hormonal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pengguna TikTok yang mengaku sebagai mahasiswa kedokteran gigi mengungkapkan dokter gigi bisa mendekteksi kehamilan dari pemeriksaan gigi pasiennya.
Foto:

American Dental Association merekomendasikan ibu hamil untuk mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan mulut. Asosiasi tersebut menyarankan ibu hamil untuk melanjutkan perawatan sehari-hari, seperti rutin menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi.

"Kesehatan mulut Anda adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan, dan penyakit gigi yang tidak diobati dapat berbahaya bagi ibu dan janinnya," demikian saran asosiasi tersebut.

Pastikan untuk menjaga kesehatan mulut dalam rutinitas perawatan diri harian dan beri tahu dokter gigi tentang setiap perubahan kesehatan mulut selama kehamilan.

Perubahan hormonal juga dapat menghambat respons tubuh terhadap bakteri, yang berpotensi menyebabkan infeksi periodontal yang membuat plak lebih mudah menumpuk di gigi. Tingkat keparahan gingivitis kehamilan biasanya meningkat pada trimester kedua, menurut asosiasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement