Rabu 09 Jun 2021 01:15 WIB

Tren Bugar Dry Scooping di TikTok Bisa Bahayakan Jantung

Dry scooping merupakan cara mengonsumsi suplemen tanpa melarutkan bubuknya.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk minuman kesehatan (ilustrasi). Menelan mentah bubuk minuman kesehatan sebelum berolahraga tengah menjadi tren di TikTok.
Foto: Flickr
Bubuk minuman kesehatan (ilustrasi). Menelan mentah bubuk minuman kesehatan sebelum berolahraga tengah menjadi tren di TikTok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai unggahan video mengenai tip dan trik apa saja tersebar di TikTok saat ini. Video mengenai kebugaran dan pola makan pun bisa ditemukan dengan mudah di platform media sosial yang digandrungi anak muda tersebut.

Meskipun banyak tip dan trik yang bisa dicontoh dari TikTok, tak semuanya bisa diaplikasikan. Bahkan, ada pula yang tak direkomendasikan untuk tak dilakukan karena berbahaya dan mengancam jiwa.

Baca Juga

Salah satunya yang sedang viral adalah tren bernama dry scooping atau menelan mentah bubuk minuman kesehatan sebelum melakukan olahraga. Tip ini dilaporkan menyebabkan masalah kesehatan serius bagi setidaknya dua pengguna TikTok yang telah mempraktikannya.

Salah satu dari mereka mengklaim, dia mengalami serangan jantung.  Menurut ahli jantung dan pendiri Upper East Side Cardiology,  Dr. Satjit Bhusri, ketika melibatkan bubuk minuman dengan kadar kafein yang sangat tinggi, dry scooping dapat menyebabkan masalah tertentu.

“Ide ini mirip dengan kegemaran efedrin untuk menurunkan berat badan yang sekarang telah dilarang,” jelas Bhusri, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (8/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement