Kamis 03 Jun 2021 13:55 WIB

Sedang Turunkan BB? Jangan Lewatkan 10 Makanan Ini

Pemilihan makanan tepat bisa menunjang penurunan berat badan sehat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
(Foto: ilustrasi sayur bayam)
Foto: Pxhere
(Foto: ilustrasi sayur bayam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan bukan musuh dalam proses penurunan berat badan (BB). Sebaliknya, pemilihan makanan yang tepat juga dapat menunjang penurunan berat badan yang sehat.

Konsultan gizi Freshbit Lauren Minchen MPH RDN CDN mengatakan, ada 10 makanan yang sebaiknya tak terlewatkan saat menurunkan berat badan. Berikut ini adalah kesepuluh makanan tersebut, seperti dilansir di laman Eat This Not That!, Kamis (3/6): 

1. Salmon liar

Salmon diketahui kaya akan protein, zinc, vitamin B, dan asam lemak omega 3. Protein dapat meningkatkan metabolisme dan rasa kenyang sehingga dapat menekan keinginan untuk mengemil dan makan berlebih.

Vitamin B menunjang metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak yang sehat. Selain itu, asam lemak omega 3 dapat membantu mengurangi inflamasi. Inflamasi sistemik diketahui dapat menyebabkan retensi air dan disfungsi metabolik.

2. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral esensial serta serat. Seluruhnya merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk menunjang metabolisme sehat di dalam tubuh, memberikan perasaan kenyang yang lebih optimal, dan menurunkan inflamasi.

3. Rasberi

Menambahkan rasberi ke dalam pola makan juga dapat membantu penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan raspberi kaya akan serat, sekaligus rendah gula dan kalori. Konsumsi rasberi dapat memberikan perasaan kenyang dan menjadi bagian dari pola makan sehat.

4. Bluberi

Seperti rasberi, bluberi juga rendah gula dan tinggi akan antioksidan serta serat. Hal ini membuat bluberi menjadi makanan yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan tubuh.

5. Stroberi

Jenis beri lain yang juga baik untuk dikonsumsi saat menurunkan berat badan adalah stroberi. Stroberi diketahui kaya akan serat dan vitamin C. Konsumsi stroberi dapat membantu proses penurunan berat badan sekaligus menjaga perasaan kenyang lebih lama.

6. Alpukat

Asupan lemak merupakan hal yang esensial dalam metabolisme sehat. Bila tubuh tidak mendapatkan asupan lemak yang cukup, metabolisme bisa menjadi lebih lambat. "Sel-sel kita tak bisa berkomunikasi dan berfungsi," kata Minchen.

Alpukat merupakan salah satu sumber lemak yang sehat dan serat. Lemak dari alpukat juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat menunjang metabolimse sehat. Lemak dan serat merupakan kombinasi yang dapat membantu mengelola kadar gula darah dan berat badan sehat.

7. Biji chia

Menambahkan biji chia pada maknaan dapat membantu menunjang penurunan berat badan. Biji chia diketahui kaya kana serat, protein, dan asam lemak omega 3. Ketiga makronutrien ini esensial bagi metabolisme yang sehat, nafsu makan yang seimbang, dan penurunan inflamasi.

8. Minyak zaitun ekstra virgin

Minyak zaitun memiliki asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh metabolisme dan regulasi gula darah yang sehat. Kontrol kadar gula darah merupakan komponen penting dalam mencapai serta mempertahankan berat badan yang sehat.

9. Ubi

Umbi-umbian yang memiliki rasa manis ini dikenal kaya akan antioksidan dan serat yang dapat mendukung kadar inflamasi serta metabolisme sehat. Sebagai karbohidrat kompleks, ubi juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

10. Kentang beserta kulit

Seperti ubi, kentang yang disantap engan kulit dan diolah dengan cara sehat dapat memberikan asupan serat yang mengenyangkan. Kentang juga dikenal kaya akan mineral esensial, seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Mineral esensial ini dapat mendukung metabolisme yang sehat, mengurangi retensi air, dan menjaga kominikasi sehat antarsel.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement