Selasa 25 May 2021 23:29 WIB

Kenali Penyakit Lupus dan Alasan Disebut 'Seribu Wajah'

Lupus disebut penyakit seribu wajah karena gejala dan tandanya mirip penyakit lain

Penyakit lupus.enyakit Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang beberapa organ di tubuh seperti kulit, ginjal, otak, sendi dan lainnya. Karenanya, penyakit Lupus dapat bermanifestasi dalam berbagai gejala seperti ruam pada kulit, nyeri sendi, gangguan ginjal, atau gejala lainnya.
Foto:

Pencegahan

Meskipun sebagian besar pengidap Lupus merupakan kaum wanita, namun penyakit ini dapat meminimalisir dengan menerapkan gaya hidup sehat. Dokter Femi mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahannya, yaitu, hindari stres, karena stress dapat menjadi salah satu pemicu mengidap Lupus. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh kita menyerang tubuh kita sendiri sehingga akan mengakibatkan sel tubuh yang rusak atau mati.

Menerapkan hidup sehat dan menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang seperti mengkonsumsi sayuran hijau, omega 3, dan buah yang kaya antioksidan serta rutin melakukan olahraga atau aktifitas fisik. Hindari kebiasaan merokok dapat mencegah terjadinya penyakit Lupus. Lalu istirahat yang cukup dengan memahami kondisi tubuh serta menghindari paparan sinar matahari.

 

"Sampai saat ini belum ditemukan penelitian ilmiah yang bisa menyembuhkan penyakit Lupus, namun sudah banyak pasien yang dapat hidup normal dan produktif, selama kita tetap bisa mengetahu dan memantau faktor resiko terjadinya Lupus," pungkas Dr. dr. Femi Syahriani,Sp. PD-KR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement