Sabtu 22 May 2021 18:02 WIB

500 Seniman dan Budayawan Indonesia Sudah Vaksinasi Covid-19

Sekitar 500 seniman dan budayawan telah diberikan vaksinasi dosis kedua.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sekitar 500 seniman dan budayawan telah diberikan vaksinasi dosis kedua.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sekitar 500 seniman dan budayawan telah diberikan vaksinasi dosis kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 500 seniman dan budayawan telah diberikan vaksinasi dosis kedua di Kantor Kemendikbud, Jakarta, pada Kamis (20/05). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, program vaksinasi ini dilakukan demi memberi rasa aman kepada pelaku seni dan budaya dalam berkegiatan di masa pandemi Covid-19.

“Kami ingin mendorong kreativitas para pelaku seni dan budaya dengan memfasilitasi vaksinasi. Kami tentunya ingin memberikan rasa aman bagi mereka, di masa sulit seperti sekarang,” tutur Nadiem dalam keterangan resmi yang diterima republika.co.id, Sabtu (22/5).

Baca Juga

Nadiem juga optimistis setelah pemberian vaksin dosis kedua ini, sektor seni dan budaya akan bangkit dari pandemi Covid-19. “Tadi waktu saya berdiskusi dengan mereka (pelaku seni dan budaya), banyak yang mengaku merasa sangat lega dan lebih nyaman melakukan aktivitas budayanya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Nadiem. 

Selain bantuan vaksinasi bagi para seniman dan budayawan, Kemendikbudristek juga sedang merancang beberapa rencana untuk memastikan kehadiran dari pemerintah untuk menyediakan platform-platform pendukung berkarya dan membantu mendistribusikan, memasarkan hasil karya seniman-seniman Indonesia.

Salah satu pelaku seni yang diberikan vaksin pada tahap kedua adalah Lies Hartono yang lebih dikenal sebagai Cak Lontong. Komedian ini berharap pada momen Hari Kebangkitan Nasional ini, para seniman dan budayawan bisa berjalan bersama menghadapi pandemi melalui vaksinasi Covid-19.

“Ini (pemberian vaksin) bikin jadi lebih optimis, lebih percaya diri dan mudah-mudahan ini bisa menjadi yang terbaik bagi kita semua, bangkit untuk bersama,” tutur Cak Lontong.

Musisi Jubing Kristianto merasa beruntung telah mendapatkan kesempatan diberi vaksin hingga dosis kedua sehingga lebih percaya diri dalam melakukan seni budaya. Kepada para seniman lainnya, Jubing Kristianto juga mengajak untuk segera dilakukan vaksin Covid-19. 

“Untuk para seniman yang paling penting sekarang adalah jangan takut divaksinasi karena ini akan melancarkan lagi pekerjaan-pekerjaan kedepannya untuk lebih percaya diri,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement