Senin 17 May 2021 22:05 WIB

Penulis Novel 'Ali Topan Anak Jalanan' Meninggal Dunia

Sastrawan Teguh Esha meninggal dunia dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Bayu Hermawan
 Sastrawan, Teguh Esha
Foto:

Ia juga mengungkapkan almarhum merupakan seorang penyair, pencipta lagu, budayawan top yang didalam dirinya banyak sekali bakat yang bagus didunia kebudayaan dan kesenian. Itu dia Teguh Esha. Kalau kita rangkum seluruhnya dia adalah orang baik," ujarnya. 

Karyanya yang paling fenomenal adalah Novel Ali Topan Anak Jalanan. Ali Topan juga banyak serinya, ada Ali Topan Anak Jalanan, Ali Topan Detektif, Ali Topan Wartawan Jalanan dan Ali Topan Santri Jalanan. 

Almarhum juga menulis novel bagus lainnya seperti Demi Beser. Adapula karyanya yang terkenal dan difilmkan juga yang dibintangi oleh Sultan Saladin berjudul Penembak Bintang. 

Menurut Haris, seluruh novel yang ditulis oleh Teguh Esha merupakan perang terhadap kemunafikan, membongkar ketidakadilan. Sebetulnya itu pemberontakan, novel-novel tersebut adalah novel yang mencerminkan bagaimana anak-anak muda, pikiran-pikiran idealis memberontak terhadap kematangan yang jelas, kematangan seperti kondisi sekarang.

"Kondisi sekarang saya rasa cocok, penuh kemunafikan dimana-mana. Itulah latar belakang lahirnya novel-novel Teguh Esha itu kondisi yang seperti itu, yang waktu itu ditandai dengan lahirnya orang kaya baru (OKB), kalau sekarang mungkin ditandai dengan politikus baru, pejabat pemerintah baru, jadi kemunafikan makanan sehari-hari, dan itu yang dia coba bongkar, dia coba berantas, sehingga heroik sekali. Ali Topan itu heroik, muda, ganteng, pemberontak, pasti menarik perhatian para gadis. Ali Topan tokoh yang independen," ujarnya.

Teguh Esha sudah cukup lama sakit, ada penyakit diabetes juga. Tanggal 9 atau 10 Mei 2021 masuk rumah sakit dan meninggal. "Sebelum meninggal jarang bertemu, SMS secara berkala masih dilakukan. Kami snagat dekat, kami kenal tahun 1970an," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement