Jumat 14 May 2021 03:00 WIB

Agar tidak Stres dalam Mengelola Keuangan Pribadi

70 persen wanita stres tentang tabungan dan investasi jangka panjang mereka.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Mengelola keuangan pribadi.
Foto:

Tetapi, usahakan untuk berusaha sebaik mungkin untuk menabung setidaknya 10 persen dari penghasilan Anda. Wanita yang menabung 10 persen dari gaji mereka atau lebih merasa tidak terlalu stres tentang masa depan keuangan mereka, kata Kapusta.

Menabung 15 persen dari gaji Anda sepanjang karir Anda juga akan membantu Anda mencapai target yang direkomendasikan, yaitu memiliki total 10 kali lipat gaji Anda yang ditabung masa pensiun.

Buat peta jalan untuk tujuan keuangan Anda

Terlepas dari seberapa besar atau kecil gaji Anda, mengembangkan rencana keuangan, atau peta jalan, untuk diri Anda sendiri, atau dengan pasangan Anda, adalah sesuatu yang harus selalu Anda lakukan, kata Kapusta.

"Itu adalah gagasan untuk mengetahui apa yang Anda inginkan hari ini, lima tahun dari sekarang, dan memiliki gagasan tentang dimana Anda ingin berada dalam 30 tahun. Dan kemudian menyiapkan uang Anda untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut,” ucap Kapusta.

Apapun tujuan Anda, memiliki semacam rencana dapat lebih membantu Anda dalam mengelola keuangan dan tetap berada pada jalur yang tepat untuk mencapainya. Hal itu berlaku untuk segala hal mulai dari tujuan jangka pendek, seperti pembelian dalam jumlah besar, hingga tujuan jangka panjang, seperti membeli rumah.

"Mengetahui di mana uang Anda, apa yang menjadi hutang Anda, dan bagaimana (uang) itu membantu Anda secara signifikan (dapat) mengurangi stres wanita tentang keuangan mereka," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement