Rabu 12 May 2021 16:05 WIB

Telanjur Mudik Saat Pandemi, Lakukan 4 Hal Ini

Kesalahan yang sering terjadi adalah orang-orang makan bersama sambil mengobrol.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah warga berkumpul dan makan bersama. ilustrasi
Foto:

Patuhi Protokol Kesehatan

Meski mengunjungi keluarga atau kerabat dekat di kampung halaman, penerapan protokol kesehatan tetap harus diperhatikan. Tetap gunakan masker hingga jaga jarak selama beraktivitas.

Salah satu kegiatan yang mungkin tak terelakkan saat mudik adalah makan bersama. Dalam situasi seperti ini, masker bisa dibuka dalam waktu singkat selama menyantap makanan dan minuman, misalnya selama 10 menit.

Akan tetapi, Prof Ari mengingatkan agar kegiatan makan dan minum ini sebaiknya tidak disertai dengan mengobrol. Kesalahan yang sering terjadi adalah orang-orang makan bersama sambil mengobrol dan seusai makan tidak langsung mengenakan masker kembali.

"Jangan sambil ngobrol dan selesai makan masih buka masker juga, hal-hal seperti ini harus dihindarkan," ucap Prof Ari.

Jangan Kembali ke Kota Asal Sebelum Negatif

Pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19 diharapkan menyelesaikan terlebih dahulu terapi pengobatan atau masa karantina di kampung halaman. Jangan kembali ke kota asal sebelum terbukti sudah negatif dari Covid-19.

"Saya juga menyarankan pemerintah daerah, DKI misalnya, juga melakukan pengetatan untuk orang-orang yang masuk (seusai mudik)," ungkap Prof Ari.

Hal ini mungkin bisa dilakukan dengan menerapkan pemeriksaan rapid test antigen. Agar biaya yang keluar tidak terlalu bisa, pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan sampling. Misalnya, dilakukan pemeriksaan di beberapa tempat dan di waktu tertentu untuk mengetahui perkiraan seberapa besar orang masuk ke kota tersebut dan positif Covid-19.

Dr Erlina juga menyarankan hal serupa. Menurut Dr Erlina, akan lebih baik bila pemudik yang akan pulang ke kota asal melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu. Salah satunya adalah tes swab PCR.

"Kalau positif jangan berangkat," jelas Dr Erlina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement