Ahad 09 May 2021 20:32 WIB

3 Vaksin Ini Diklaim Kebal Terhadap Varian Baru Virus Corona

Ketiga vaksin ini disebut telah teruji dapat melindungi dari varian baru corona.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Ketiga vaksin ini disebut telah teruji dapat melindungi dari varian baru corona.
Foto:

2. Pfizer / BioNTec

Sebuah studi baru di Israel menunjukkan vaksin asli Pfizer/ BioNTec telah terbukti sangat efektif melawan varian yang pertama kali ditemukan di Inggris Raya. Suntikan vaksin ini memberikan lebih dari 95 persen perlindungan terhadap COVID-19.

Analisis data kesehatan masyarakat dari Israel, salah satu negara dengan proporsi orang dewasa yang divaksinasi penuh tertinggi, menunjukkan vaksin itu sangat efektif dalam melindungi bahkan orang tua pada saat varian Inggris yang lebih menular dominan.

Selama periode analisis, ada 232.268 infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi, dan hampir 95 sampel yang diuji ternyata varian B117 Inggris. Tim di balik penelitian tersebut mengatakan mereka tidak dapat mempelajari efek varian Afrika Selatan, yang juga telah diidentifikasi di Israel.

Pada awal April, hampir 5 juta orang di Israel telah menerima dua dosis jab Pfizer / BioNTech, lebih dari 70 persen populasi. Studi tersebut menemukan bahwa dua dosis memberikan 95,3 persen perlindungan terhadap infeksi dan 96,7 perlindungan terhadap kematian tujuh hari setelah dosis kedua. Setelah 14 hari, perlindungan tersebut meningkat masing-masing menjadi 96,5 persen dan 98 persen.

Namun, data menunjukkan bahwa tingkat tersebut turun secara signifikan ketika orang hanya menerima satu dari dua dosis yang ditentukan. Para penulis mengatakan satu dosis mungkin memberikan jangka waktu perlindungan yang lebih pendek, terutama di lingkungan di mana varian virus baru muncul.

 

3. Novavax

Publikasi analisis primer awal menyoroti perlindungan silang oleh vaksin Novavax Covid-19 terhadap varian B.1.351 yang lazim di Afrika Selatan selama penelitian. Analisis terbaru dari studi tersebut menunjukkan perlindungan 100 persen terhadap Covid-19 yang parah karena varian B.1.351.

Vaksin Novavax Covid-19, yang dikenal sebagai NVX-CoV2373, dibuat oleh Novavax, Inc., perusahaan bioteknologi berbasis di AS yang mengembangkan vaksin generasi mendatang untuk penyakit menular serius.

"Publikasi data ini memperkuat profil keamanan yang menggembirakan dan efek perlindungan silang di seluruh varian yang terlihat dalam studi vaksin kami hingga saat ini." ujar Gregory M. Glenn, M.D., Presiden Riset dan Pengembangan Novavax.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement