Sabtu 01 May 2021 11:08 WIB

Tips Jitu Mengajarkan Anak-Anak Membaca Alquran Sejak Dini

Ini dia tips sukses ajarkan anak membaca Alquran:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips Jitu Mengajarkan Anak-Anak Membaca Alquran Sejak Dini

3. Setelah Masa Pembelajaran

Biasakan mengajarkan membaca hamdalah dan do’a bersyukur kepada Allah SWT setelah mendapatkan atau mengajarkan ilmu membaca Al-Qur’an. Untuk mengetahui tingkat pemahaman anak-anak, buatlah diskusi skala kecil dengan mengajukan pertanyaan yang sifatnya ringan. Anggap saja sebagai evaluasi hasil pembelajaran.

Di dalam diskusi tersebut, ajukan juga pertanyaan mengenai makna surah yang telah dibaca sebelumnya. Agar anak-anak tidak hanya tahu bacaan saja namun lemah dalam pemahaman makna.

Tanamkan ke dalam jiwa anak-anak bahwa membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah terhadap Allah SWT. Dan tanamkan juga bahwa siapa yang mempelajari Al-Qur’an dengan sungguh-sungguh akan mendapat pahala yang berlimpah.

Dari hasil evaluasi, berikan tugas target untuk anak yang masih tidak lancar dalam membaca surah tertentu. Suruh dia mengulang bacaan hingga lancar. Pastikan juga memahami makna surahnya.

Jangan menjadi pengajar pasif. Tegur dan perbaiki apabila anak melakukan kesalahan dalam bacaan. Membenarkan kesalahan membaca Al-Qur’an di awal memang dianjurkan daripada kesalahan tersebut terus tertimbun hingga usia tua.

Baca Juga: Tak Selalu Negatif, Video Game juga Berikan 7 Dampak Positif untuk Anak

Mengajarkan Alquran pada Anak Melalui Lagu

Tak kalah populer, salah satu tips mengajarkan Al-Qur’an pada anak yaitu dengan lantunan lagu islami. Proses menyerap ilmu membaca Al-Qur’an memang sangat efektif karena apa yang didengarkan akan lebih cepat ditangkap. 

Maka dari itu tak jarang banyak yang lebih gemar membaca Al-Qur’an setelah mereka mendengarkan lantunan ayat suci.

Gunakan Metode Asistensi

Metode asistensi juga tidak kalah populer untuk diajarkan kepada anak-anak. Syarat metode ini yaitu jumlah anak yang diajar lebih dari satu anak. Terbukti bahwa strategi ini cukup efektif karena sudah digunakan di berbagai tempat seperti pesantren.

Dengan metode asistensi, anak-anak akan dilatih untuk mengajarkan materi yang dikuasai kepada temannya yang lain. Selain dapat meningkatkan konsentrasi, strategi asistensi juga dapat meningkatkan kompetisi sehat di antara anak-anak. Strategi ini ampuh untuk mempercepat pemahaman anak dalam membaca A-Qur’an.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membuat Anak Suka Makanan Rumahan yang Sehat

Cara Mengajar yang Tepat akan Membuat Anak Semakin Semangat Belajar Al-Qur’an 

Belajar membaca Al-Qur’an memang terbilang cukup sulit bagi sebagian besar anak-anak. Namun, apabila cara mengajarnya menggunakan metode yang benar, maka anak-anak akan mulai menyukainya secara bertahap.

Baca Juga: Jenis Anak Berkebutuhan Khusus dan Cara Menjamin Masa Depannya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement