Kamis 29 Apr 2021 23:25 WIB

Gitaris Rolling Stone Ronnie Wood Kembali Didiagnosis Kanker

Ronnie Wood sebelumnya didiagnosis kanker paru-paru pada 2017.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Gitaris Rolling Stone, Ronnie Wood
Foto: Wikimedia
Gitaris Rolling Stone, Ronnie Wood

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gitaris Rolling Stones, Ronnie Wood, mengumumkan kondisi terkininya pada awal pekan ini. Dia didiagnosis memiliki kanker sel kecil yang langka dan agresif, tetapi telah diberi ‘sinyal aman’ dari dokternya.

Wood mengungkapkan diagnosis yang merupakan pertarungan keduanya melawan kanker, dalam sebuah wawancara dengan The Sun. Seorang perwakilan dari Wood mengkonfirmasi diagnosis tersebut.

Baca Juga

“Saya menderita kanker dalam dua cara yang berbeda sekarang. Saya menderita kanker paru-paru pada 2017 dan saya menderita kanker sel kecil baru-baru ini yang sedang saya lawan dalam lockdown terakhir,” kata Wood dalam wawancaranya, dilansir dari rollingstone.com, Kamis (29/4).

Kanker sel kecil dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya ditemukan di paru-paru, meskipun bisa juga muncul di prostat, pankreas, kandung kemih, atau kelenjar getah bening. Wood tidak memberikan penjelasan lebih spesifik tentang diagnosis tersebut, tetapi meskipun berpotensi bahaya, dia mengatakan bahwa dia telah sembuh dengan baik.

Wood menyebut hobi melukis telah membantunya melawan diagnosis kanker keduanya. Sementara dia juga berbicara tentang bagaimana pemulihan kecanduannya juga memberikan pelajaran hidup.

“Saya mengalami banyak masalah sekarang, tetapi selama pemulihan, saya harus melepaskannya. Dan ketika saya pasrah pada hasilnya dengan kekuatan yang lebih tinggi, itu adalah hal yang ajaib,” katanya.

“Itu membawa saya kembali ke Doa Ketenangan, 'Beri saya ketenangan untuk menerima hal-hal yang tidak dapat saya ubah'. Itu luar biasa. Apa yang akan terjadi, itu tidak ada hubungannya dengan saya,”

Diagnosis kanker pertama wood pada 2017 dilaporkan membutuhkan operasi untuk mengangkat sebagian paru-parunya. Pada 2018, Wood mengatakan dia bebas kanker.

“Jika tubuh saya penuh dengan kanker, saya akan kehilangan alasan. Untungnya, semua milik saya ada di paru-paru kiri dan saya cukup beruntung. Tidak ada lagi sel kanker di seluruh tubuh saya jadi saya tidak memerlukan kemo,” ujar Wood saat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement