Sabtu 17 Apr 2021 00:35 WIB

Pentingnya Sunscreen untuk Cegah Penuaan Kulit

'Sunscreen' bisa cegah penuaan dini kulit akibat sinar UV.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
'Sunscreen' bisa cegah penuaan dini kulit akibat sinar UV (Foto: ilustrasi sunscreen)
Foto: Public Domain Pictures
'Sunscreen' bisa cegah penuaan dini kulit akibat sinar UV (Foto: ilustrasi sunscreen)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar masalah penuaan dini pada kulit bisa disebabkan sinar ultra violet (UV), baik UVB dan UVB. Menurut dr Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS DV, sinar UV dapat merusak kulit, mengurangi kelembapan, mengganggu fungsi sel hingga stress oksidatif. Selain membuat kusam, flek hitam dan penuaaan dini, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

“Penggunaan sunscreen penting untuk melindungi dan juga memberi manfaat tambahan, seperti mengurangi pigmentasi dan melembapkan,” kata dia dalam peluncuran LOreal Paris UV Defender, belum lama ini.

Baca Juga

Sinar UV meningkatkan radikal bebas di kulit lapisan epidermis dan dermis sejak paparan pertama dan menyebabkan noda hitam. Berikut tips bagaimana menjaga kulit tetap sehat sekaligus mencegah penuaan dini.

Tabir surya

Selalu gunakan sunscreen atau tabir surya sebagai perlindungan utama terhadap paparan UV. Aplikasi ulang sunscreen sebaiknya setiap empat jam sekali.

“Jangan terlalu tipis mengaplikasikannya dan gunakan setidaknya 30 menit sebelum keluar rumah atau terkena matahari karena itu waktu sunscreen bekerja,” kata Litya.

Cermati kandungannya

Pilih sunscreen yang tepat untuk kulit dengan manfaat yang tak sekedar melidungi dari paparan sinar UVA dan UVB. Namun juga mencegah munculnya tanda penunaan dini pada kulit.

Misalnya SPF yang tinggi punya kemampuan melindungi lebib tinggi juga. Lalu niacinamide, mencegah kulit tampak lebih tua. Kandungan ini dapat membantu tampilan kulit yang cerah, meratakan warna kulit, melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, mencegah terjadinya inflamasi pada kulit dan mengurangi transfer melanin. Selain itu, melindungi kulit dari noda hitam, kulit kusam dan garis halus.

Elisabeth Bouhadana, Global Scientific Director L’Oréal Paris, mengatakan studi klinik menunjukkan kronologi proses penuaan dini seperti noda hitam, kulit kusam, dan garis halus, dapat terjadi lebih cepat jika seseorang terekspos oleh UV tanpa menggunakan tabir surya (sunscreen). Sebanyak 75 persen penuaan dini disebabkan oleh sinar UV yang disebut juga photo-aging.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement