Jumat 16 Apr 2021 03:50 WIB

Robert Fletcher, Penata Kostum Star Trek Meninggal

Robert Fletcher dijuluki sebagai Bapak Klingon dan Vulcan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Penata kostum Star Trek, Robert Fletcher.
Foto: Hollywood Reporter
Penata kostum Star Trek, Robert Fletcher.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Robert Fletcher, penata kostum empat film Star Trek meninggal di usia 98 tahun. Salah satu penata kostum Hollywood terproduktif itu meninggal di Kansas City pada 5 April 2021.

Saking populernya setelah Star Trek, mendiang bahkan dijuluki Bapak Klingon dan Vulcan. Klingon adalah ras humanoid dari planet Qo'noS yang disegani. Klingon adalah satu-satunya ras alien di waralaba Star Trek yang bahasanya digarap dengan serius.

Baca Juga

Sementara Vulcan adalah sebuah spesies fiksional dalam dunia Star Trek yang terkenal dengan pikirannya yang logis dan budaya yang teguh. Baik Klingon maupun Vulcan memiliki bentuk wajah dan wujud yang unik, dimana itu semua dirancang oleh tangan dingin Fletcher.

Dilansir dari Hollywood Reporter, Kamis (15/4), Fletcher juga dikenal sebagai seorang perancang set dan kostum utama untuk perusahaan opera dan balet. Ia mengerjakan proyek balet dan opera Lincoln Kirstein dan merancang kostum untuk produksi Broadway dari musikal "How to Succeed in Business Without Really Trying and Walking Happy".

Dia juga merancang kostum untuk peran Edgar dalam produksi "Shakespeare's King Lear" karya Shakespeare tahun 1956 di Orson Welles. Fletcher menikah selama 65 tahun dengan mendiang Jack Kauflin, yang merupakan anggota dari New York City Ballet, seorang penyanyi dan penari Broadway.

Tak hanya itu, di tahun 1950-an mendiang Fletcher ditunjuk menjadi desainer umum NBC. Fletcher juga menerima tiga nominasi Tony Award untuk karyanya di Little Me (1963), High Spirits (1964), di mana dia berperan sebagai co-produser juga penata kostum dan set properti.

Ia menerima nominasi Drama Desk Award untuk desain kostum yang luar biasa untuk film "Othello" pada tahun 1982, yang dibintangi oleh James Earl Jones, Christopher Plummer dan Dianne Wiest.

Pada tahun 2005 Fletcher dianugerahi Penghargaan Prestasi Karir dari Persekutuan Desainer Kostum. Lalu pada tahun 2008 ia menerima Dana Pengembangan Teater/Penghargaan Prestasi Seumur Hidup Irene Sharaff untuk karya desain setnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement