Selasa 06 Apr 2021 03:14 WIB

Makanan yang Disebut dalam Alquran Ini tak Bisa Kedaluwarsa

Madu tak kedaluwarsa karena berbentuk gula dan miliki keasaman tinggi

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petani menyaring madu yang dihasilkan lebah madu (Apis mellifera). Madu tak kedaluwarsa karena berbentuk gula dan miliki keasaman tinggi
Foto:

Mengapa madu tidak pernah kadaluwarsa?

Madu memiliki umur simpan yang lama karena merupakan bentuk gula. Meskipun berbeda dengan gula pasir putih, gula pasir lebih bersifat higroskopis, artinya dalam keadaan alami tidak mengandung banyak air.

Karena hanya ada sedikit kelembapan, bakteri dan mikroorganisme lain yang biasanya membuat makanan menjadi busuk, tidak dapat berkembang di lingkungan yang kering itu.

Madu juga bersifat asam, dengan tingkat pH antara 3,26 hingga 4,48. Keasaman yang tinggi berarti akan membunuh bakteri lain yang mencoba bertahan hidup dalam madu. Dan jika disimpan dengan benar, seperti dalam toples kaca yang tertutup rapat, tidak akan terpapar lingkungan lembab yang dapat merusaknya.

Jadi selama madu tertutup rapat dan disimpan di tempat yang kering, madu akan bertahan selamanya. Apakah kita masih bisa makan madu yang mengkristal? Terkadang madu akan mengkristal, yang menurut sebagian orang itu artinya sudah busuk, padahal salah.

Hal itu sebenarnya pertanda bahwa kita memiliki madu yang mentah dan berkualitas baik. Madu terbuat dari dua jenis gula utama, fruktosa dan glukosa. Bergantung pada keseimbangan kedua jenis gula dan jenis madu yang kita miliki, gula dapat mengkristal.

Dan jika kita menaruhnya di lemari es, kemungkinan kristalisasi lebih tinggi. Untuk membuat kristal cair kembali, kita bisa memasukkan madu ke dalam mangkuk berisi air hangat untuk menaikkan suhu. Namun madu yang mengkristal tetap enak dimakan, dan bukan berarti madu sudah basi.

Jika nanti kita mengira botol madu kita akan membusuk, jangan dibuang, dan simpan di lemari kita. Madu akan tetap sama bagusnya dan semanis hari pertama kita membelinya. Karena ada toples madu tertua yang diyakini berusia 5.500 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement