Selasa 06 Apr 2021 01:44 WIB

Tips Mendesain Toko Agar Menarik Perhatian

Sesain toko yang baik dapat menyampaikan pesan dari identitas yang ingin disampaikan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Dwi Murdaningsih
Toko oleh-oleh (ilustrasi)
Foto:

Sementara, pemilihan warna toko kembali kepada jenama retail dan target pasar yang ingin dicapai. Dia menggaris bawahi, warna-warna yang catchy atau menarik perhatian atau malah lebih mencolok, tidak selalu dapat menarik customer.

Dia mencontohkan, jika sebuah toko baju memiliki target pasar wanita berusia 16 sampai 26 tahun, maka pemilik toko dapat memilih warna yang memadukan tone atau nuansa warna-warna tegas feminin, atau pastel. Tentu, hal ini berbeda dengan sebuah toko baju yang memiliki target pasar pria dengan usia yang sama. “Jika toko baju untuk pria, pemilik toko bisa memadukan tone warna netral dengan warna-warna maskulin,” kata dia.

Indri mengatakan, untuk mempercantik ruangan di dalam toko, tanaman bisa menjadi sebuah pilihan untuk dipajang. Tanaman, kata dia, merupakan elemen dekoratif yang mempercantik ruangan meski sifatnya tidak wajib.

Jika pengelola toko ingin menggunakan tanaman untuk mempercantik ruangan, maka pengelola toko bisa menaruhnya di beberapa sudut ruangan agar dapat menyegarkan visual. Hanya saja, dia menekankan, pengelola toko wajib memperhatikan pemilihan tanaman. Sebab, tidak semua jenis tanaman cocok ditempatkan didalam ruangan.

Sementara, di masa pandemi, Indri menekankan, sebuah toko retail sebaiknya wajib menghimbau protokol kesehatan kepada para pembeli melalui petugas ataupun berupa sistem tanda. “Disinilah kreativitas desainer dibutuhkan untuk membuat sign yang mudah dipahami namun tetap menjadi elemen estetik,” kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement