Senin 29 Mar 2021 03:50 WIB

Yuk, Kenali Sindrom Dispepsia dan Cara Penanganannya

Sindorm Dispepsia bukan penyakit melainkan gejala dari adanya gangguan pencernaan

Penderita gangguan lambung atau dispepsia. Sindorm Dispepsia bukan penyakit melainkan gejala dari adanya gangguan pencernaan
Foto: Revistaligera.com
Penderita gangguan lambung atau dispepsia. Sindorm Dispepsia bukan penyakit melainkan gejala dari adanya gangguan pencernaan

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Sindrom Dispepsia atau umum disebut gejala maag, merupakan gejala yang sering menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bagian tengah sampai ke bagian atas. Dokter Ivana Theresia dari Siloam Hospitals Ambon, melalui layanan edukasi kesehatan yang disiarkan pada aplikasi zoom Webinar, Jumat (26/3) di Siloam Hospitals Ambon.

"Sindrom dispepsia merupakan sekumpulan gejala yang dideskripsikan sebagai rasa tidak nyaman pada perut, seperti perut terasa penuh, kembung, sakit perut, dan nyeri ulu hati. Namun, perlu ditekankan bahwa dispepsia bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit atau adanya gangguan pencernaan," tutur dr Ivana Theresia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id

Dikatakan dr. Ivana, secara umum, kondisi tersebut disebabkan karena adanya gangguan dalam pencernaan, seperti sekresi asam lambung yang meningkat. Namun dalam beberapa kasus, gejala maag dapat pula dipicu oleh Infeksi atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Pada presentasinya, dr. Ivana menyampaikan sejumlah faktor penyebab, antara lain pola makan, tingkat stress, dan gaya hidup yang tidak sesuai. "Perhatikan pola makan dan waktu makan. Jangan pula terlalu cepat menelan makanan. Sebaiknya mengunyah makanan sampai benar-benar lumat agar dapat meringankan kerja lambung dalam mengolah makanan baik secara kimiawi atau mekanik ," ungkap dr Ivana Theresia.

Selain pola makan, mengkonsumsi dengan porsi makan yang berlebihan termasuk makanan berlemak, berminyak, asam, santan dan pedas turut sebagai batasan agar gejala maag tidak timbul. "Batasi kandungan kafein, alkohol dan tidak merokok. Beberapa antibiotik dan obat-obatan penghilang rasa nyeri juga menjadi pemicu terjadinya Dispepsia," imbuhnya mengingatkan.

Orang yang mengalami sindrom dispepsia biasanya akan merasakan munculnya gejala sindrom tersebut sebelum makan atau dalam waktu beberapa saat setelah makan. Gejala yang dirasakan dari sindrom dispepsia biasanya berupa sakit perut atau kembung, nyeri ulu hati, mual, muntah, dan banyak bersendawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement