Ahad 28 Mar 2021 11:15 WIB

9 Teh untuk Detoksifikasi Tubuh

Secara klinis, detoksifikasi didefinisikan sebagai proses menghilangkan racun.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Salah satu asupan yang baik, yaitu meminum teh hangat untuk detoksifikasi tubuh.
Foto:

5. Teh Ketumbar atau Peterseli

Semua teh dibuat dengan air, dengan sendirinya merupakan detoksifikasi karena hidrasi yang tepat membantu ginjal menyaring zat berbahaya melalui penyaringan air. Membuat teh dengan ramuan herbal yang diuretik lembut, bisa meningkatkan manfaatnya.

“Peterseli dan ketumbar meningkatkan pembuangan air sekaligus memberi nutrisi pada ginjal dan organ detoksifikasi lainnya," kata Goodman.

Glassman menambahkan peterseli adalah ramuan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya membersihkan bau napas setelah makan bawang putih.

6. Teh Jahe Kunyit

Kunyit adalah bintang kesehatan berkat kurkumin, bahan aktif yang membantu enzim yang mengeluarkan racun dan mengandung antioksidan yang memperbaiki sel-sel hati. Kunyit juga membantu hati dalam mendetoksifikasi logam, sekaligus meningkatkan produksi empedu.

"Teh kunyit bermanfaat untuk mencegah kerusakan hati, karena dengan aman menghilangkan metabolit beracun," ujar Turley.

7. Teh Nettle

Teh jelatang berasal dari batang, akar, dan daun tanaman jelatang berbentuk hati, juga disebut jelatang karena bulu-bulu kecil di batangnya yang menimbulkan sensasi perih saat disentuh. Namun jangan khawatir, minum teh jelatang tidak ada berbahaya. Jelatang dikemas dengan polifenol yang dapat membantu tubuh prima melawan peradangan dan penyakit inflamasi. Teh itu juga merangsang sistem limfatik, yang dapat meningkatkan ekskresi limbah melalui ginjal. Dalam pengobatan herbal, minuman itu sering digunakan mengobati masalah urologi, seperti infeksi saluran kemih, karena kemampuannya mengeluarkan bakteri berbahaya.

8. Teh Hijau

Teh hijau disebut-sebut sebagai ramuan kesehatan. Teh hijau mengandung antioksidan kuat disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang menurut penelitian dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di hati dan melindungi dari penyakit hati. Teh hijau juga mengandung L-theanine, asam amino yang digunakan untuk menghasilkan antioksidan penting lainnya, glutathione.

9. Teh Campuran

Banyak teh di pasaran memadukan bahan-bahan membuat resep detoksifikasi lebih manjur. The Republic of Tea's Get Clean Tea memiliki campuran rooibos, dandelion, milk thistle, dan banyak lagi; Gaia Herbs Cleanse & Detox Tea menggabungkan rooibos, akar burdock, peppermint, lemon, dan lidah buaya; Teh Detoks Teh Yogi mengemas minuman detoksifikasi campuran rempah Ayurveda tradisional dari jahe, lada hitam, dan lada panjang dengan kayu manis, kapulaga, dandelion, dan akar burdock untuk membantu mendukung pembersihan yang sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement