Ahad 21 Mar 2021 00:56 WIB

Rendy Pandugo Maknai Kehilangan dengan "B.Y.L"

Rendy Pandugo ingin hadirkan musik yang nyaman bagi pendengar setianya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
 Rendy Pandugo
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Rendy Pandugo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sebelumnya merilis mini album (EP) “See You Someday”, Rendy Pandugo kini merilis single atau fokus track berjudul "B.Y.L" dengan sebuah video lirik yang dirilis pada 19 Maret 2021. Lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Rendy Pandugo bersama Petra Sihombing.

"B.Y.L" merupakan kepanjangan dari Before You Left, terinspirasi dari cerita nyata dari salah satu teman Rendy. Pasangan dari teman Rendy itu, secara tiba-tiba meninggalkannya dan juga buah hati mereka, tanpa alasan yang  jelas. Namun sang suami memilih untuk tetap bertahan dan tetap mencintai sang istri, dan tetap menunggunya untuk kembali.

Baca Juga

"B.Y.L merupakan suatu harapan untuk bisa diberikan waktu lebih untuk bisa “sembuh”, dengan cara tetap hidup dalam cinta yang pernah mereka miliki bersama dan juga untuk memproses semua sebelum dia pergi," kata Rendy dalam rilis yang diterima Republika.co.id pada Sabtu (20/3).

Video lirik ini dibuat untuk menyampaikan pesan dan cerita dari lagu “B.Y.L” melalui gambar seseorang yang sedang sendiri menunggu di sebuah apartemen tanpa atap. Video yang kemudian terus bertransisi dari pagi ke malam dan terus berulang, menunjukkan bagaimana orang itu masih duduk tak bergerak selama berhari-hari. Seolah menunggu kekasihnya kembali, walaupun sang kekasih telah meninggalkannya.

Rendy menjelaskan bahwa ruangan yang tidak beratap, merupakan simbol situasi yang penuh kerentanan. Rumah yang seharusnya menjadi tempat berteduh dan perlindungan, kini telah kehilangan fungsi itu.

"Tanpa atap, rumah tidak dapat lagi menjadi tempat perlindungan. Sementara elemen lanskap kota dipilih untuk menggambarkan perasaan dimana ketika seseorang dikelilingi oleh lampu kota dan kebisingan, terutama saat sedang sendirian, dapat membuat seseorang merasa semakin kesepian," jelas dia.

Melalui mini album (EP) “See You Someday”, Rendy ingin menghadirkan musik yang nyaman bagi para pendengar setianya, sambil memulai lembaran baru di tahun 2021. Rendy memperkenalkan kembali dirinya sebagai penyanyi dan penulis lagu, kini dengan sentuhan yang lebih modern dan komposisi musik yang lebih kompleks.

Dengan pencampuran pop, piano, dan juga ballad, Rendy berharap dapat terhubung kembali dengan penggemar setianya sambil  juga dapat meraih pendengar-pendengar yang baru.

Video lirik “B.Y.L” sudah ditayangkan dirilis melalui kanal YouTube Rendy Pandugo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement