Ahad 21 Mar 2021 03:18 WIB

6 Sayur dan Buah Paling Kotor di Supermarket

Banyak buah dan sayur yang tercemar pestisida sehingga harus dibersihkan.

Seorang petugas memeriksa barang-barang berupa sayuran, buah-buahan dan makanan olahan di sebuah supermarket di Kota Bandung, Rabu (20/12).
Foto:

Pir dan apel

Dua buah ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Namun beberapa jenis apel dan pir terkadang tidak hanya menyimpan banyak residu pestisida, tetapi juga terapat lapisan lilin pada bagian kulitnya. Hal ini untuk mendapat efek berkilau.Usahakan untuk selalu mencuci dua jenis buah ini dengan sikat halus di bawah air mengalir, sebelum dipotong dan dikonsumsi.

Anggur

Mayoritas anggur yang dijual di pasaran disemprot dengan cairan chlorpyrifos, sejenis pestisida. Perlu ekstra hati-hati untuk membersihkan anggur, karena kulitnya yang tipis dan ukuran buahnya yang relatif kecil. Pastikan Anda memebersihkan anggur dengan sabun khusus buah dan sayur, dan cuci hingga bersih di bawah air mengalir setidaknya selama 10 detik.

Bayam

Bayam termasuk sayur dengan tingkat kotoran yang paling tinggi di antara segala jenis sayuran. Kendati demikian, bayam merupakan sayur dengan kandungan zat besi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan Anda mencuci daun bayam yang sudah disiangi dengan seksama sebelum Anda mengolahnya. Anda bisa mencuci kemudian merendam bayam dengan air garam selama 2 menit, kemudian bilas lagi dengan air bersih.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement