Ahad 14 Mar 2021 06:34 WIB

8 Perubahan Tubuh Setelah Berusia 50 Tahun

Di usia 50-an, akan ada beragam perubahan yang terjadi pada tubuh.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Di usia 50-an, akan ada beragam perubahan yang terjadi pada tubuh.
Foto:

Kehilangan Otot

Massa otot mencapai masa keemasan di sekitar usia 25 tahun. Setelah itu, massa otot akan mulai menurun kecuali bila seseorang melakukan latihan kekuatan. Penurunan massa otot akan menjadi lebih signifikan setelah emncapai suia 50 tahun, ketika produksi hormon ikut menurun.

 

Tubuh Menyimpan Lebih Banyak Lemak

Semakin bertambah usia, tubuh akan menyimpan lemak lebih banyak dan lebihs sedikit membakar lemak. Hal ini bisa terjadi, khsuusnya ketika seseorang stres atau dehidrasi. Oleh karena itu, di tahapan usia ini seseorang mungkin akan mulai mengalami perubahan bentuk tubuh dan mengalami penambahan berat badan lebih mudah.

 

Fleksibilitas Menurun

Bukan tanpa alasan bila ada banyak orang yang bisa melakukan split di usia 50-an tahun. Setelah usia 50 tahun, fleksibilitas tubuh juga akan berkurang. Kondisi tersebut akan emmbuat seseorang lebih rentan mengalami cedera otot. Menjalani latihan seperti peregangan atau pijatan terapi dinilai dapat membantu mencegah terjadinya cedera tersebut.

 

Perubahan Kulit

Seiring dengan bertambah tuanya usia, kulit juga ikut menua. Kulit akan lebih berkerut dan selulit akan lebih tampak. Kondisi tersebut terjadi karena produksi kolagen yang menurun.

 

Perubahan Bentuk Kaki

Saat memasuki usia ini, disadari atau tidak bentuk kaki akan berubah menjadi lebih panjang dan lebar. Hal ini terjadi karena kaki menjadi lebih rata akibat adanya penurunan elastisitas tendon dan ligamen. Berat badan juga turut menjadi faktor kontribusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement