Ahad 14 Mar 2021 06:34 WIB

8 Perubahan Tubuh Setelah Berusia 50 Tahun

Di usia 50-an, akan ada beragam perubahan yang terjadi pada tubuh.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Di usia 50-an, akan ada beragam perubahan yang terjadi pada tubuh.
Foto: Piqsels
Di usia 50-an, akan ada beragam perubahan yang terjadi pada tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses penuaan yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia tentu akan membawa banyak perubahan. Salah satunya adalah perubahan pada tubuh.

Di usia 50-an, akan ada beragam perubahan yang terjadi pada tubuh. Berikut ini adalah delapan di antaranya, seperti dilansir EatThis, Ahad (14/3).

Baca Juga

 

Metabolisme Berjalan Lebih Lambat

Sejak sebelum memasuki usia 50 tahun, metabolisme tubuh memang suda mulai melambat. Namun setelah memasuki rentang usia ini, metabolisme ini akan semakin menurun secara signifikan bila dibandingkan dengan kondisi di saat usia lebih muda.

"Hal paling penting mengenai metabolisme yang lebih lambat adalah (tubuh) akan membutuhkan lebih sedikit kalori untuk mulai menambah berat badan," ujar Dokter Matthew Mintz MD FACP.

 

Masalah Pencernaan yang Dipicu Perubahan Hormonal

Usia rata-rata menopause adalah di atas 51 tahun. Di masa ini, ada banyak perubahan hormonal yang dialami perempuan. Perubahan ini dapat memicu munculnya gejala kembung, perut bergas, atau sembelit.

"Karena makanan serupa yang biasa mereka makan bisa menjadi makanan yang tak bisa mereka toleransi di waktu itu," pungkas Pendiri dan CEO Flipping 50 Debra Atkinson MS CSCS.

 

Tulang Lebih Rapuh

Ketika perempuan sudah mencapai tahap menopause, kepadatan tulang akan menurun lebih cepat 3-5 tahun. Penurunan kepadatan tulang dapat meningkatkan risiko cedera, seperti patah tulang karena jatuh.

"Tetap kuat dan latih keseimbangan Anda seiring dengan penambahan usia," papar Atkinson.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement