Selasa 09 Mar 2021 15:07 WIB

Berjalan-jalan Usai Vaksinasi, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Imunitas terbentuk dua pekan setelah vaksinasi kedua.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Traveling (Ilustrasi)
Foto:

Masker masih diperlukan untuk beberapa waktu

Karena belum diketahui apakah orang yang divaksinasi dapat menjadi pembawa tanpa gejala yang dapat menginfeksi orang lain dengan virus corona, para ahli kesehatan menekankan bahwa persyaratan mengenakan masker dan jaga jarak masih diperlukan.

"Hal teraman adalah hanya bepergian dengan orang yang divaksinasi," kata David Freedman, spesialis penyakit menular yang divaksinasi di University of Alabama di Birmingham, yang telah mempelajari penularan virus corona dalam penerbangan.  

Penelitian menunjukkan orang yang divaksinasi membawa viral load lebih rendah dari virus corona. Para ilmuwan dapat mencapai kesimpulan pasti tentang penularan orang yang divaksinasi dalam beberapa bulan.

Jenis perjalanan yang Anda lakukan lebih penting dari sebelumnya

Perjalanan domestik AS dan mungkin Eropa akan lebih cepat pulih. Keberadaan vaksin menguntungkan negara-negara kaya yang memiliki akses vaksin lebih banyak. Negara-negara kaya kemungkinan besar akan mencapai kekebalan kelompok lebih dulu.

 "Jika beruntung, perjalanan Eropa bisa datang kembali pada musim gugur, tetapi lebih banyak negara berkembang, perjalanan safari, kapal pesiar, perjalanan jarak jauh akan memakan waktu cukup lama," kata Freedman.  

Freedman juga menyarankan bahwa, dari sudut pandang praktis, mengunjungi satu negara lebih baik dibandingkan merencanakan perjalanan multi-negara. Kelompok wisata yang dipandu juga harus divaksinasi penuh dan hanya beroperasi di negara-negara dengan kekebalan yang luas.

Memilih untuk mengunjungi tujuan yang mengesampingkan pembatasan perjalanan untuk pelancong yang divaksinasi adalah salah satu cara untuk kembali berjalan-jalan. Namun, Freedman mengatakan bahwa hanya segelintir negara yang telah menempuh rute itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement