Senin 08 Mar 2021 00:55 WIB

5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Kulit

Perubahan musim sering kali disertai dengan berbagai masalah kulit.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Perubahan musim sering kali disertai dengan berbagai masalah kulit.
Foto: Piqsels
Perubahan musim sering kali disertai dengan berbagai masalah kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan musim sering kali disertai dengan berbagai masalah kulit. Kondisi itu menyulitkan orang yang memiliki kulit sensitif. Jika Anda merasa gatal, bersisik, meradang, atau merah dengan benjolan kecil, Anda akan langsung tahu bahwa kulit sedang bereaksi terhadap cuaca.

Dokter kulit, dr Greetika Mittal, menyarankan beberapa tip sederhana yang bisa diterapkan untuk menjaga kulit tetap sehat. Dilansir Indian Express pada Ahad (7/3), berikut lima kebiasaan untuk memastikan kulit terasa sehat.

Baca Juga

1. Gunakan sabun yang lembut dalam rutinitas mandi

Sabun dengan SLS dan bahan kimia berbahaya, atau yang mengandung alkohol dapat semakin membuat kering dan merusak pelindung kulit. Mittal menyarankan mencari sabun yang mengandung bahan seperti gandum dan madu. Bahan tersebut akan mengembalikan kelembaban dan membersihkan kulit dengan lembut.

2. Lembabkan setelah mandi untuk mengunci hidrasi kulit

Melembabkan tubuh dapat membentuk lapisan pelindung yang tebal dan mengunci kelembaban kulit. Pilih pelembab yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit.

3. Letakkan humidifier di ruangan

Udara yang dingin dan kering cenderung menyedot air dari kulit. Kondisi itu menyebabkan kulit terasa kering dan gatal. “Humidifier tidak hanya akan menyeimbangkan tingkat kelembapan di udara tetapi juga kulit Anda,” kata Mittal.

4. Hindari mandi air panas terlalu lama

Air panas membuat kulit lebih kering dari sebelumnya.

5. Tepuk-tepuk kulit hingga kering

Jangan lupa untuk menepuk-nepuk kulit hingga kering. Di musim dingin, kulit cenderung menjadi ekstra sensitif. Mengusap handuk akan membuat kulit lebih iritasi. Pastikan untuk menepuk lembut kulit dengan handuk, jangan menggosok dengan gerakan cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement