Ahad 28 Feb 2021 07:46 WIB

Alasan Mengapa Kita Cepat Merasa Lapar

Menurut medis, rasa lapar ekstrim merupakan dampak dari masalah kesehatan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Menurut medis, rasa lapar ekstrim merupakan dampak dari masalah kesehatan.
Foto:

4. Tak Cukup Tidur

Kesibukan kita seringkali membuat kita harus melakukan pengorbanan. Pengorbanan waktu untuk tidur biasanya yang kerap dilakukan orang-orang yang sangat sibuk. Sayangnya, terlepas dari betapa pentingnya bagi kesehatan kita secara keseluruhan, tidur cenderung menjadi salah satu hal pertama yang harus dilakukan.

Namun, kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan lebih dari sekadar ketidakmampuan kita untuk tetap terjaga sepanjang hari. Tidak cukup tidur dapat meningkatkan produksi, membuat kita merasa lapar meskipun tubuh kita tidak membutuhkan kalori.

 

5. Makan Terlalu Cepat

Jika kita lapar pada waktu makan, kita mungkin tergoda untuk mengurangi makanan. Tetapi makan dengan cepat tidak memberikan waktu yang cukup bagi otak untuk mencatat bahwa kita sudah kenyang. Akibatnya, kita mungkin terus merasa lapar bahkan setelah kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup. Hal ini yang menyebabkan kita terus makan.

Untuk memperlambat kecepatan makan, disarankan untuk melakukan jeda di antara gigitan untuk memberikan cukup waktu untuk mengunyah secara menyeluruh. Minimalisasi gangguan yang tak membuat kita menyadari bahwa kita sedang makan. Misalnya jauhi diri dari TV, komputer, atau koran saat memakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement