Sabtu 27 Feb 2021 02:02 WIB

Tangan Terlalu Sering Dicuci Selama Pandemi? Ini 6 Solusinya

Jangan selalu mengandalkan sabun untuk mencuci tangan.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Friska Yolandha
Mencuci tangan dengan air dan sabun sesering mungkin merupakan salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan di masa pandemi Covid-19. Meski bermanfaat, sering mencuci tangan juga bisa memunculkan masalah pada kulit tangan.
Foto:

4. Rutin Melembapkan

Penting untuk mengaplikasikan pelembap secara rutin agar kondisi kulit tetap terjaga baik. Orang-orang dengan tangan yang mengalami iritasi perlu menghindari krim pelembap yang mengandung pewangi.

Pemilik kulit tangan yang sangat kering dan pecah sebaiknya memilih produk pelembap yang lebih berminyak. Produk seperti ini bekerja lebih baik dalam menghindrasi dan mengunci kelembapan di kulit.

Akan tetapi, menggunakan krim pelembap yang berminyak terkadang menyebabkan krim menempel di mana-mana. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan sarung tangan katun setelah mengaplikasikan pelembap. Cara ini cocok dilakukan, khususnya di malam hari selama tidur.

Bila tidak ada masalah pada kulit, gunakan pelembap yang biasa digunakan sehari-hari. Akan tetapi, krim pelembap yang terlalu berat atau berminyak mungkin sebaiknya dihindari karena dapat memunculkan perasaan tidak nyaman pada sebagian orang.

Pelembap sebaiknya diaplikasikan setiap kali selesai mencuci tangan. Selain itu, pelembap juga bisa diaplikasikan ketika kulit tangan terasa kering. Agar tidak lupa, sediakan krim pelembap di tempat-tempat yang mudah dijangkau, seperti di kamar mandi, di dalam tas, dan di mobil.

5. Pijatan Tangan

Setiap kali mengaplikasikan pelembap, luangkan sedikit waktu untuk memberikan pijatan lembut pada kedua tangan. Pijatan ini tak perlu diberikan terlalu lama, sekitar 30 detik pun sudah cukup.

Pijatan yang dilakukan bisa berupa pijatan melingkar dengan menggunakan ibu jari pada buku-buku jari, lalu berikan sedikit gerakan menjepit di antara setiap sendi tangan. Ulangi gerakan-gerakan ini sekitar tiga kali.

"Buat pijatan memutar di sekitar alas kuku dan kutikula," papar ahli perawatan kulit dari Weleda yaitu Elizabeth King.

Setelah itu, perluas area pijatan ke telapak tangan dan pergelangan tangan. Lanjutkan dengan peregangan tangan yang dilakukan dengan cara mengepalkan tangan lalu membuka tangan dan meluruskan jari-jari.

"Bila pijatan bisa dilakukan sampai siku, itu akan lebih bagus, tetapi (memijat) sampai pergelangan sudah cukup," pungkas King.

6. Gunakan Sarung Tangan

Penggunaan sarung tangan saat beraktivitas juga dapat mengurangi paparan deterjen pada tangan. Sarung tangan yang dapat digunakan bisa berupa sarung tangan jenis nitrile atau sarung tangan karet untuk rumah tangga.

 

Akan tetapi, keringat yang menumpuk di dalam sarung tangan tersebut juga bisa memicu iritasi. Untuk menghindari iritasi, gunakan satu lapis sarung tangan berbahan katun sebelum menggunakan sarung tangan berbahan karet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement