Sabtu 20 Feb 2021 09:54 WIB

Simak Tips dari Nicholas Saputra untuk Mengurangi Sampah

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap 21 Februari.

Nicholas Saputra.
Foto:

Pilih penjual yang menggunakan kemasan dengan bahan biodegradable

Jika terpaksa mengkonsumsi atau membeli produk dengan kemasan sekali pakai, usahakan agar kita memilih produk dengan kemasan biodegradable, karena kemasan dengan bahan biodegradable dapat terurai dalam waktu 12-24 bulan dan dapat dihancurkan secara alami.

Pisahkan sampah organik dan anorganik

Proses pemisahan sampah berdasarkan jenisnya merupakan tahap awal dari proses daur ulang. Anda dapat membantu tempat pengelolaan sampah dengan mulai memilah sampah di rumah.

Anda bisa memisahkan tempat sampah organik dan anorganik. Sampah-sampah yang mudah terurai seperti buah dan sisa makanan dapat kamu masukkan ke dalam tempat sampah organik.

Sementara sampah lain yang sulit terurai seperti kaleng aluminium, kemasan plastik, kaca, dan logam dapat dimasukkan ke dalam tempat sampah anorganik.

Mendaur ulang sampah

Setelah memisahkan kedua jenis sampah, tahap selanjutnya adalah mendaur ulang sampah organik. Contohnya seperti dedaunan kering yang dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos untuk tanaman di rumah.

Bila ada jenis sampah yang tidak bisa didaur ulang secara mandiri, Anda dapat mengirim limbah tersebut ke penyedia jasa daur ulang pihak ketiga atau diberikan kepada para pemulung dan pengepul barang bekas di sekitar rumah.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement