Kamis 18 Feb 2021 16:35 WIB

Manfaat Kurma yang Jarang Diketahui

Kurma terbukti memiliki banyak manfaat bagi metabolisme tubuh.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nora Azizah
Kurma terbukti memiliki banyak manfaat bagi metabolisme tubuh.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kurma terbukti memiliki banyak manfaat bagi metabolisme tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurma terbukti memiliki banyak manfaat bagi metabolisme tubuh. Kurma memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sekitar 66.5 gram per 100 gram kurma. Namun karena kandungan glukosa yang dikandung tergolong baik untuk tubuh, maka mengonsumsi kurma justru direkomendasikan untuk menjadi sumber tenaga, terutama setelah berpuasa seharian penuh.

Melansir healthtube, Kamis (18/2), adapun manfaat tersembunyi yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kurma secara rutin adalah mampu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kurma yang kaya magnesium, selenium, dan zat besi membuat kurma dapat membantu memperkuat tulang dan gigi dan mencegah penyakit osteoporosis. Flourin yang terkandung di dalam kurma pun membantu menghilangkan flak pada gigi.

Baca Juga

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kurma khas Saudi ini memiliki indeks glikemik yang rendah. kandungan serat dalam buah ini akan membantu mengurangi risiko diabetes. Serat tak larut dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah.

Kurma juga disebut sebagai makanan kaya protein yang dapat berguna untuk menjaga massa otot dan membantu tubuh agar tetap fit. Disamping mengonsumsi kurma, dapat diimbangi pula dengan olahraga rutin.

 

Kandungan potasium, dan sodium, yang dikombinasikan dengan mineral pada kurma juga membantu memperkuat sistem saraf. Protasium juga dapat membantu mencegah resiko struk dan mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Mengonsumsi kurma dengan cara direndam dalam air dan diminum setiap hari juga akan memperbaiki sistem percernaan. Selain itu, kurma juga dapat dimanfaatkan sebagai teman diet, baik dalam program menurunkan berat badan maupun menaikkannya.

Kandungan protein, glokusa, dan vitamin dapat membantu menaikkan berat badan, jika dibutuhkan. Disisi lain, jika dikombinasikan dengan mentimun, kurman juga dapat membantu mempertahankan berat badan maupun menurunkannya.

Karena kaya akan vitamin mulai dari B1, B2, B3 dan B5, begitu juga vitamin A dan C, kurma dapat menjadi multivitamin natural yang sudah lebih dari cukup bagi tubuh. Vitamin D dan C juga berguna untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga agar kulit tetap lembut dan kenyal. Kurma juga dapat menjadi suplemen anti-aging alami yang dapat mencegah penumpukan melanin dalam tubuh.

Terakhir, kurma juga dapat dijadikan obat untuk meredakan mual. Mengonsumsi kurma dapat menjadi cara pintar untuk mengontrol rasa mabuk. Untuk hasil terbaik, pisahkan kulit dan daging kurma dari biji, lalu rendam dalam air selama sehari semalam dan nikmati khasiatnya di keesokan harinya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement