Ahad 14 Feb 2021 12:33 WIB

Cara Terbaik Makan Almon, dengan atau Tanpa Kulit?

Almon mengandung lemak sehat yang mengisi tubuh dengan jumlah energi yang baik.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kacang almon.
Foto: Flickr
Kacang almon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Almon memiliki banyak keunggulan. Selain dimakan biasa, Anda bisa menikmati kacang itu dengan berbagai cara, mulai dari menjadikannya smoothie, pelengkap salad, hingga makanan penutup. 

Almon juga bisa menjadi camilan sehat untuk memuaskan rasa lapar. Yang membuat almon populer adalah nustrinya yang kaya. Dianggap sebagai makanan super, almond sarat dengan setiap nutrisi penting untuk hidup sehat.

Dilansir di laman Ndtv Food pada Ahad (14/2), almon kaya vitamin E, mangan, magnesium, tembaga, fosfor, serat, protein, asam lemak jenuh tunggal, dan banyak lagi. Menurut konsultan ahli gizi Rupali Datta, kacang almon mengandung lemak sehat yang mengisi tubuh dengan jumlah energi yang baik.

Mineral dalam almon membantu mengatur tekanan darah, mengelola diabetes, dan mengendalikan kadar kolesterol. Selain itu, kelezatan almon bisa berkontribusi pada kesehatan kulit, rambut, dan memperlambat penurunan kognitif.

Para ahli seluruh dunia merekomendasikan untuk memasukkan almon ke dalam makanan sehari-hari untuk nutrisi secara keseluruhan. Lantas, bagaimana cara terbaik mengonsumsi almon?

Ahli gizi di India, Pooja Makhija, menjelaskan bahwa nutrisi almon bisa dinikmati sebaik-baiknya saat direndam dan dikupas. Alasannya, pertama, kulit almon membuat kacang itu sulit dicerna.

Kedua, kulitnya mengandung tanin, yang menurunkan penyerapan nutrisi. Ketiga, perendaman membuatnya lebih mudah untuk dikunyah. Keempat, perendaman mengurangi asam fitat yang menurunkan penyerapan kalsium, seng, dan mangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement