Kamis 11 Feb 2021 16:42 WIB

7 Cara Atasi Stres Agar tidak Picu Penyakit Kronis

Tingkat stres dan depresi meningkat hingga tiga kali lipat sebelum pandemi Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Tingkat stres dan depresi meningkat hingga tiga kali lipat sebelum pandemi Covid-19.
Foto:

3. Menghela nafas panjang

Ini mungkin sedikit klise, tapi percayalah menghela napas panjang itu akan membuat dirimu merasa lebih lega. Cobalah berdiri tegas, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan perlahan, lakukan berulang kali hingga tubuhmu lebih rileks.

“Sinyal pernapasan yang lambat dan bijaksana ke sistem saraf dapat meredakan respons stres itu,” kata Coles.

4. Tetap objektif

Ketika sedang mengalami depresi, Anda mungkin lebih mudah baper alias bawa perasaan dalam menghadapi masalah. Karenanya, cobalah untuk mengatasi depresi dengan tetap objektif ketika menyelesaikan masalah. Gunakan perasaan dan logika secara beriringan.

Selain itu, menurut Coles, kita juga harus bisa mengetahui mana yang hal yang bisa dikendalikan dan tidak bisa dikendalikan. “Ketika ban tiba-tiba kempis di jalan, alih-alih marah dan menyalahkan diri sendiri, lebih baik segera mencari solusi. Ban kempis itu diluar kendali Anda, lakukan apa yang bisa Anda kendalikan,” jelas Coles.

5. Alihkan pikiran pada sesuatu yang positif

Ketika gejala depresi menyerang, Anda bisa langsung mengalihkan pikiran kepada sesuatu yang menyenangkan. Memang ini bukan perkara mudah, tapi teruslah latih diri Anda agar bisa menang berperang melawan pikiran negatif.

6. Jaga kesehatan mental tetap baik

Merawat mental tetap sehat bisa dilakukan dengan banyak cara, semisal tidur yang cukup dan tepat waktu, berolahraga rutin, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, meluangkan waktu untuk mengelola kondisi kronis dan tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.

7. Temui psikolog

Jika penyebab stres sulit dipahami, cobalah luangkan waktu untuk mengetahuinya. Tandai kalender Anda untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement