Kamis 11 Feb 2021 01:33 WIB

Beragam Olahraga yang Tingkatkan Kesehatan Jantung Anda

Ahli menyebut olahraga apa saja minimal 30 menit akan tingkatkan kesehatan jantung

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Perempuan olahraga lari (Ilustrasi). Ahli menyebut olahraga apa saja minimal 30 menit akan tingkatkan kesehatan jantung
Foto:

Dr. Nieca Goldberg dari NYU Langone Medical Center, New York menjelaskan latihan aerobik memiliki sejumlah manfaat. Tidak hanya gratis, latihan aerobik juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik (HDL), meningkatkan glukosa, dan menurunkan presentase lemak tubuh.

Lebih lanjut Beniamminovitz mengingatkan menjaga tekanan darah itu penting. Sebab, jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi dapat menyebabkan jantung yang kaku. Jantung yang kaku akan bekerja keras dan membutuhkan lebih banyak energi. Kondisi ini sangat rentan, terlebih saat terjadi kerusakan atau terhalang suplai darah rendah.

Selain latihan aerobik, latihan kekuatan juga tak kalah penting. Misal, mengangkat beban atau menggunakan berat badan Anda untuk meningkatkan aliran darah. Pendiri Recorvery Fitness, Carol Michaels menggunakan cara tersebut kepada kliennya.

Dia mengatakan latihan kekuatan mencakup latihan untuk memperkuat setiap kelompok otot utama, contohnya squat, lunge, leg lift, plank, push-up, dan lain-lain. Waktu yang dibutuhkan selama latihan hanya 30 menit  selama lima hari sepekan. Jika terasa lama, Anda bisa membaginya menjadi dua sesi dengan setiap sesi 15 menit.

Organisasi nirlaba American Heart Association menyebut orang yang mendapat manfaat dari penurunan tekanan darah atau kolesterol harus berpartisipasi dalam latihan aerobik selama 40 menit tiga sampai empat kali sepekan. Waktu tersebut ideal bagi mereka yang ingin menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

 

Bahkan Beniaminovitz menyuruh pasiennya untuk berolahraga setiap hari. Dia menyarankan kombinasi latihan aerobik 40 menit dengan intensitas sedang hingga kuat tiga hingga empat kali sepekan. Sementara pada hari non-aerobik, beberapa latihan ketahanan dilakukan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement