Kamis 11 Feb 2021 06:08 WIB

10 Manfaat Sehat Jus Seledri

Seledri diketahui memiliki manfaat kesehatan yang luas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Seledri diketahui memiliki manfaat kesehatan yang luas.
Foto:

Membantu Hidrasi

Secara umum, orang dewasa dianjurkan untuk minum delapan gelas per hari. Namun sebagian orang mungkin membutuhkan lebih banyak asupan cairan.

Jus seledri bisa menjadi salah satu opsi untuk memenuhi hidrasi tubuh. Terlebih, seledri itu sendiri juga kaya akan kandungan air. Jus seledri juga mengandung elektrolit yang bernilai sehingga cocok untuk dikonsumsi pada masa pemulihan setelah latihan lari marathon.

Membantu Seimbangkan Asam Lambung

Beberapa bukti menunjukkan bahwa jus seledri dapat membantu memperbaiki kesiembangan asam lambung. Asam lambung berperan dalam memecah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Jus seledri juga mengandung senyawa pyrroloquinoline quinone (PQQ). Senyawa ini terbukti dapat membantu proses pemulihan hati dari konsumsi alkohol berlebih dan memperbaiki kesehatan usus dalam penelitian pada hewan babi.

Menurunkan Risiko Kanker

Seledri diketahui memiliki sifat antikarsinogenik. Sifat alkali pada seledri dinilai turut berperan dalam menurunkan risiko kanker dengan cara menurunkan keasaman pH tubuh.

Menunjang Kesehatan Jantung

Jus seledri terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular. Alasannya, seledri mengandung fitokimia bernama phthalides. Senyawa ini dapat merelaksasi jaringan di dinding arteri sehingga aliran darah meningkat dan tekanan darah menurun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement