Selasa 09 Feb 2021 02:08 WIB

Bahaya Penyakit Saat Banjir Ditengah Pandemi

Pakar ingatkan Covid-19 bisa memperburuk penyakit yang hinggap saat hujan dan banjir

Rep: Desy Susilawaty/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Warga menaiki sepeda motor menerobos banjir yang menggenangi jalan di Desa Tanjung Karang, Jati, Kudus, Jawa Tengah. Di tengah musim hujan dan bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, terdapat berbagai potensi penyakit yang mungkin dapat timbul pada masyarakat.
Foto:

Ia mengimbau agar masyarakat memahami gejala-gejala sebagai berikut selama musim hujan dan banjir melanda:

Flu (influensa)

Mulai dari keluhan demam, batuk, pilek, radang tenggorok, hingga potensi terjadi pneumonia (radang paru akut) yang bisa menyebabkan kematian.

Demam berdarah

gejala awal mirip dengan influenza yang disebut sebagai flu-like syndrome yaitu kumpulan gejala penyakit yang mirip dengan influenza yang khas dengan keluhan demam tinggi secara terus menerus baik siang maupun malam disertai dengan munculnya perdarahan di kulit hingga perdarahan yang menyebabkan syok dan kematian.

Malaria

gejala penyakit malaria yang khas (disebut sebagai TRIAS malaria) yang muncul berupa demam tinggi, menggigil, dan diakhiri dengan banyak keringat. Demam pada malaria memiliki berbagai tipe yang khas dan berbeda-beda tergantung dengan penyebab malaria itu sendiri. Dampak terburuk dari malaria adalah anemia gravis (anemia yang cukup berat), kerusakan sel otak (falciparum), dan kematian karena kegagalan multi organ.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement