Senin 01 Feb 2021 13:04 WIB

Waspada, Predator Manfaatkan Pandemi untuk Incar Anak-Anak

Pandemi membuat anak-anak online lebih sering dibandingkan biasanya.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Anak-anak sedang sekolah online. ilustrasi
Foto:

Jenny mengungkapkan bahwa anaknya yang masih berusia sembilan tahun, Isaac, kini lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain gim daring. Dalam satu hari, Isaac bisa bermain gim daring selama empat jam.

Jenny mengatakan Isaac biasanya bermain gim daring bersama dengan teman-teman sekolahnya. Ini merpakan satu-satunya interaksi sosial bersama teman-temannya yang Isaac bisa dapatkan.

Saat memantau Isaac, Jenny menyadari bahwa belum lama ini Isaac mulai bicara dengan orang asing saat bermain gim daring. Padahal, Isaac selama ini hanya berinteraksi dengan grup daring yang sangat kecil.

"Fakta bahwa seseorang yang tidak pernah dia temui atau berinteraksi langsung sebelumnya bisa mengaksesgrup kecil itu, itu mengkhawatirkan, karena Anda akan khawatir siapa lagi yang bisa mendapatkan akses itu," ujar Jenny.

Terkait kekhawatiran ini, Association for UK Interactive Entertainment (UKIE) mengatakan perusahaan-perusahaan gim memiliki perangkat, fitur, hingga berbagai pendukung canggih lain untuk membantu melindungi player. Perangkat ini membantu mengelola atau membatasi percakapan sehingga player bisa dengan mudah melaporkan masalah.

"Perangkat ini telah dikembangkan selama bertahun-tahun dengan melibatkan pemerintah, penegak hukum, dan agensi eksternal untuk memastikan efektivitasnya," timpal UKIE.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement