Rabu 20 Jan 2021 00:45 WIB

Sehat Fisik dan Mental di 2021

Panjangnya pandemi hingga tahun ini membuat kita butuh kesehatan fisik dan mental.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Panjangnya pandemi hingga tahun ini membuat kita butuh kesehatan fisik dan mental (Foto: ilustrasi)
Foto:

Diet tepat

Sepanjang tahun, banyak orang kian mempopulerkan berbagai jenis diet yang secara garis besar berarti mengurangi asupan tertentu. Padahal, pilihan lebih baik adalah tetap dengan pola makan sehat.

Lebih mudah untuk menambahkan makanan sehat ke dalam peogram diet daripada mengurangi seluruh asupan makanan. Ahli diet lebih menyarankan untuk menambahkan lebih banyak sayuran dan air ke dalam diet.

Meditasi Virtual

Banyak orang beralih ke meditasi untuk membantu mengatasi stress di tahun 2020. Selain memanfaatkan aplikasi, pilihan lainnya seperti program tatap muka yang bersifat virtual. Kendati dilakukan secara virtual, setidaknya konsultasi yang dilakukan dapat membantu menenangkan hati dan pikiran.

Nikmati pemandangan WFH

Meskipun WFH identik dengan bekerja dari rumah saja, namun tubuh dan mental juga membutuhkan sesuatu yang dapat menyegarkan. Tidak hanya menyegarkan mata, pemandangan alam juga bisa memperbaiki suasana hati.

Setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda dalam hal perjalanan, dan menikmati pemandangan segar dapat memberikan keajaiban tersendiri bagi kesehatan mental. WFH juga bisa dilakukan di sebuah hotel atau resor yang menawarkan pemandangan terbaik.

Rencanakan liburan meskipun pada 2023

Mungkin bepergian tidak ada dalam rencana jangka pendek. Akan tetapi sebenarnya hanya melakukan perencanaan juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.

Rencanakan liburan walaupun itu untuk 2022 atau 2023. Manfaatkan diskon penerbangan ataupun penginapan hotel. Sebuah studi Universitas Cornell tahun 2014 menemukan bahwa tindakan merencanakan sebuah pengalaman, dan antisipasi melakukannya, lebih baik untuk kesehatan mental daripada membeli produk baru. Karya dari National Geographic ini menggali lebih spesifik, tetapi temuannya bisa dibilang akan membuat masa depan lebih berterima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement