Ahad 10 Jan 2021 21:04 WIB

Ulur Wiji, Label Lokal yang Kembangkan Hijab Eco Fashion

Ulur Wiji membuat hijab yang stylish dari bahan baku ramah lingkungan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Koleksi hijab eco fashion jenama Ulur Wiji.
Foto: dok. Ulur Wiji
Koleksi hijab eco fashion jenama Ulur Wiji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu cara untuk menerapkan eco fashion adalah berkomitmen membeli pakaian yang diproduksi dengan cara yang ramah lingkungan. Sebuah jenama fesyen hijab asal Desa Labangka, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Ulur Wiji, hadir dengan mengusung konsep eco fashion dengan bahan yang ramah lingkungan.

Pemilik jenama, Nasta Rofika, menyadari akan fast fashion dan dampaknya. Selain membuat konsumen berperilaku konsumtif karena membeli produk fesyen sesuai trend yang cepat berganti, hal ini memberikan dampak kepada lingkungan.

Baca Juga

“Mulai dari material yang dipergunakan, saat ini marak penggunaan bahan kain polyester yang lebih murah, dan juga pewarnaan kain dari bahan kimia sintetis yang mencemari lingkungan,” ujar Nasta kepada republika.co.id, baru-baru ini.

Oleh karenanya, dalam pembuatan produk-produk Ulur Wiji, Nasta menggunakan material dari kain serat alami yang dipilih dengan sangat selektif. Jadi, lanjut Nasta, ketika kerudung atau pakaian nantinya tak terpakai lagi, maka produk Ulur Wiji bisa dikubur dan akan terurai lebih cepat oleh alam.

Ibu dari dua anak ini juga mendaur ulang sisa-sisa kain yang ada, untuk dijadikan masker, pouch, dan scrunchy. Dia juga membuat wadah pengemasan produk Ulur Wiji dengan mendaur ulang sisa kain yang ada, sebagai pengganti plastik.

Sementara, sisa kain yang benar-benar tak bisa didaur ulang, kata dia, dipergunakan untuk mengisi bantal dan dikubur dalam tanah. Ulur Wiji yang memiliki akun instagram @ulurwiji itu menggunakan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan baik itu dari daun, biji, kulit kayu dan tumbuh-tumbuhan lain yang biasa ditemui di sekitar tempat tinggal nya.

“Dengan menggunakan pewarna alami ini sudah pasti ramah lingkungan, sisa dari proses ekstraksi pun bisa kami jadikan pupuk untuk tanaman-tanaman di pekarangan rumah,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement