Kamis 07 Jan 2021 02:05 WIB

Cara Mengetahui Apakah Masker yang Dikenakan Sudah Efektif

Ada jenis masker yang justru membuat droplet menjadi percikan lebih kecil.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Warga menggunakan masker scuba saat berjalan di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (16/9). Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menegaskan tidak merekomendasikan pemakaian masker scuba atau buff di sejumlah fasilitas-fasilitas publik.M. Akbar
Foto:

CDC pun mengingatkan untuk tidak memakai masker satu lapis dan masker dengan katup atau ventilasi pernapasan. CDC juga melarang pemakaian syal atau masker ski sebagai masker pelindung wajah.

Lalu, bagaimana menguji keefektifan masker yang dikenakan?

"Mungkin selama ini kita selalu ingin mencari masker tiga lapis. Tapi mari kita uji coba. Kenakan masker yang kita miliki lalu cobalah meniup lilin. Jika berhasil meniup lilin hingga apinya mati, artinya masker itu tidak begitu efektif," papar Dr Rimoin.

Dr Rimoin mengajak seluruh masyarakat di belahan dunia manapun untuk membantu menurunkan lonjakan pandemi dengan mengenakan masker wajah, menjaga jarak sosial, dan menghindari kerumunan besar. Ia juga menyerukan masyarakat tak masuk ke dalam ruangan dengan orang yang tidak serumah dengan kita (terutama di bar), praktikkan kebersihan tangan yang baik, menjalani vaksinasi saat tersedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement