Selasa 05 Jan 2021 10:58 WIB

Tidak Suka dengan Orang Lain? Ini 5 Cara Menghadapinya

Ada kalanya kita bertemu orang lain dan muncul rasa tidak suka.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada kalanya kita bertemu orang lain dan muncul rasa tidak suka (Foto: ilustrasi)
Foto:

Tak Terlalu Memikirkan

Seringkali ketidakcocokan atau perselisihan hanya didasari pada sebuah kesalahpahaman. Tak ada salahnya untuk mencoba memahami sesuatu dari sudut pandang orang lain. Fokus saja terhadap fakta dan isu yang sedang dibahas dan abaikan reaksi lawan bicara yang mungkin memancing emosi.

Selain itu, tahan diri untuk tidak bereaksi berlebihan terahdap situasi tersebut. Reaksi berlebihan hanya akan memperburuk situasi.

Ekspresikan Diri dengan Tenang

Cara berkomunikasi terkadang lebih penting dibandingkan apa yang dikomunikasikan. Bila seseorang memancing kekesalan Anda berulang kali dan situasinya menjadi lebih buruk, coba untuk berbicara langsung dengan orang tersebut.

Akan tetapi, jaga agar komunikasi ini tidak berkembang menjadi konfrontasi yang agresif. Cukup sampaikan apa yang Anda rasakan dan coba cari jalan keluar bersama. Patel juga menyarankan untuk menggunakan pernyataan "saya" saat berbicara dan sampaikan permasalahan secara spesifik.

"(Contohnya) saya merasa terganggu ketika Anda melakukan ini, jadi bisakah Anda melakukan itu saja," jelas Patel.

Dengan pernyataan yang lugas seperti ini, akan ada kesempatan bagi Anda untuk mendengarkan pendapat dari sudut pandang lawan bicara. Tak ada salahnya juga bila percakapan ini melibatkan mediator atau orang lain yang objektif dalam melihat permasalahan Anda dan orang yang tak Anda sukai.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement