Senin 28 Dec 2020 18:39 WIB

Jangan Malas Mandi, WFH Bukan Berarti Bebas dari Kuman

Mandi setiap hari baik untuk menjaga keseimbangan mikroorganisme.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Mandi
Foto: ist
Mandi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar orang masih bekerja maupun belajar dari rumah karena pandemi Covid-19 masih belum mereda. Meski seharian di rumah, bukan berarti kamu bisa nggak mandi lho!!

Kepala unit dan konsultan dermatologi di Sri Balaji Action Medical Institute India, Dr Yashodhara Sharma mengatakan bahwa berdiam diri di rumah bukan berarti terbebas dari kuman dan bakteri. 

Baca Juga

"Mandi setiap hari sangat penting untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dan mikroorganisme lainnya. Orang yang sakit tentu tidak dianjurkan untuk mandi setiap hari, tetapi mereka juga diimbau untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya dengan cara lain," ujar Sharma seperti dikutip dari The Indian Express pada Senin (28/12).

Tak hanya menghilangkan kotoran dan kulit mati, ada segudang manfaat mandi yang perlu kamu tahu. Misalnya meremajakan kulit, membantu sirkulasi darah, melawan stres, dan menghilangkan ketegangan otot.

"Singkatnya, secara umum mandi itu menyehatkan dan mempercepat kesembuhan dari penyakit tertentu," kata Dr Sharma.

Agar kulitmu tetap terjaga kelembapan dan kesehatannya, ada juga hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika mandi. Coba simak uraian berikut ya!

1. Gosok kulit dengan lembut

Ketika memakai sabun, penting juga untuk menggosok kulit dengan lembut. Jika kulitmu sensitif, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memilih sabun mana yang cocok dikulit.

2. Keramas minimal 3 hari sekali 

Meski di rumah aja, jangan malas keramas ya! Minimal tiga hari sekali kamu keramas dengan shampo dan kondisioner.

3. Gunakan air yang mengalir

Mandi menggunakan air dingin atau hangat boleh aja, tapi usahakan mandi di air yang mengalir agar kuman dan bakteri terbawa pergi.

4. Jika kulitmu sensitif, jangan mandi lama-lama

Daripada mandi lama, kamu yang punya kulit sensitif lebih disarankan untuk mandi cepat dan segera memakai pelembab. Cara ini juga berlaku untuk kamu yang rentan terhadap infeksi jamur ya!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement