Ahad 27 Dec 2020 15:10 WIB

Manfaat Air Putih Selain untuk Turunkan Berat Badan

Jumlah konsumsi air putih yang dibutuhkan seseorang berbeda dengan lainnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Air putih memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk menurunkan berat badan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Air putih memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk menurunkan berat badan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya berat badan. Selain juga bermanfaat untuk penurunan berat badan, berikut empat alasan seseorang harus cukup mengonsumsi air, seperti dilansir di Times of India, Ahad (27/12).

1. Meningkatkan pengeluaran energi istirahat

Minum air tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga membantu mendetoksifikasi tubuh. Mengonsumsi cukup air dapat membantu tubuh berfungsi dengan lancar dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh dengan meningkatkan pengeluaran energi istirahat. Minum segelas air meningkatkan pengeluaran energi istirahat sebesar 24-30 persen dalam 10 menit, yang berlangsung selama sekitar 60 menit.

2. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka tak mudah membuang limbah dan racun dari dalam tubuh. Air membantu ginjal menyaring racun. Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi, ginjal menahan cairan itu. Dehidrasi juga bisa menyebabkan sembelit. Padahal, air membantu pergerakan tinja dengan melunakkannya.

3. Menghentikan makan berlebihan

Penelitian menyatakan minum segelas air setengah jam sebelum makan siang dan makan malam membuat Anda berhenti makan berlebihan saat itu. Minum air putih sebelum makan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan sebesar 13 persen.

4. Meningkatkan latihan Anda

Berolahraga secara teratur merupakan bagian integral dari hidup sehat. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa minum cukup air dapat meningkatkan kinerja latihan. Air dapat membantu otot, jaringan ikat. dan sendi untuk bergerak dengan benar. Air juga membantu jantung dan paru-paru bekerja secara efektif saat tekanan meningkat selama aktivitas latihan itu.

5. Air putih minuman nol kalori

Saat memutuskan menjadi lebih sehat, hal pertama yang Anda lakukan adalah menukar minuman manis dengan air putih. Alasannya, air putih adalah minuman penghidrasi nol kalori, yang menjaga asupan kalori Anda secara keseluruhan dibandingkan dengan minuman sarat gula lainnya. Dalam jangka panjang, mengonsumsi cukup air putih juga mengurangi risiko obesitas dan penambahan berat badan.

6. Berapa banyak air yang harus Anda minum?

Kita semua pasti pernah mendengar bahwa minum delapan gelas air putih yaitu kurang lebih dua liter saja sudah cukup. Namun itu tidak benar.

Jumlah air yang dibutuhkan seseorang untuk dikonsumsi sangat berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Misalnya, orang yang banyak berkeringat atau banyak berolahraga mungkin membutuhkan lebih dari delapan gelas air. Sementara orang yang duduk di AC sepanjang hari dan tidak melakukan banyak aktivitas fisik, mungkin sudah cukup dengan delapan gelas air.

Perlu diingat bahwa kita semua mendapatkan air dari banyak makanan dan minuman seperti kopi, teh, susu, buah-buahan, dan sayuran. Jadi, sebagai aturan praktis, Anda harus selalu minum air saat Anda merasa haus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement