Sabtu 26 Dec 2020 14:19 WIB

FIK UI Gelar Edukasi Pencegahan Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Edukasi dilakukan melalui pelatihan aplikasi pendidikan kesehatan bagi ibu hamil

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) bekerjasama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat untuk memberikan pelatihan kepada kader dalam penggunaan aplikasi pendidikan kesehatan untuk pencegahan covid 19 bagi ibu hamil.
Foto:

Setelah dilakukan pelatihan untuk keterampilan menggunakan aplikasi maka dilanjutkan dengan pemaparan materi dari aplikasi agar dapat dipahami dan disampaikan kepada warga binaannya dalam menjaga kesehatan pada masa pandemik covid-19. Setyowati berharap kader bisa membantu serta memberdayakan kader kesehatan yang sudah dibentuk sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan para ibu hamil pada masa pandemik covid-19.

Ia menambahkan pelatihan dilakukan melalui dua tahap. Pada tahap pertama kader dilatih menggunakan aplikasi sementara pada tahap kedua tim pengabdi melakukan pendampingan dengan melakukan pertemuan melalui zoom meeting. 

Pada tahap ini kader akan diberikan waktu untuk memberikan pendidikan kesehatan selama 2 minggu kepada warga binaan diwilayah kerja kelurahan Cisalak Pasar yaitu dengan menjelaskan kembali cara/pedoman penggunaan aplikasi, manfaat aplikasi serta materi yang ada diaplikasi pendidikan kesehatan dalam pencegahan covid 19 bagi ibu hamil di masyarakat. Terakhir, kader akan memberikan pendidikan kesehatan berbasis aplikasi kepada lima warga binaannya serta mengisi lembar kerja kader sebagai bahan evaluasi kerja yang dilakukan dilapangan.

Selama kegiatan pelatihan, materi disampaikan secara virtual oleh Prof Dra, Setyowati,S.Kp,MappSc,PhD., selaku pakar di bidang keperawatan maternitas, Prof, Dr,Yati Afiyanti,SKp,MN selaku Guru Besar Fakultas Ilmu Keperawatan Indonesia,  Dr Imami Rurachmawati,SKp,MN Ketua Departemen Keperawatan Maternitas FIK Universitas Indonesia selaku anggota pengabdi dalam kegiatan ini. 

Selain itu, materi serta praktik dan evaluasi kegiatan diberikan oleh Spesialis Keperawatan Maternitas, Ns. Selly Kresna Dewi, M.Kep.,Sp. Kep. Mat., dan Ns. Ratnawati, M. Kep., Sp. Kep. Mat., selaku anggota pengabdi dalam kegiatan ini. 

 

Kegiatan ini didukung oleh Lurah, Kasi Kesmas, dan Sekretaris PKK yang dilibatkan dalam merekrut para kader serta memberikan dukungan selama pelaksanaan serta memantau pelaksanaan di lapangan pemberdayaan kader terhadap warga binaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement