Selasa 22 Dec 2020 09:35 WIB

Meski Sudah Dibuka, Tetap Hindari Pergi ke 8 Tempat Ini

Ada beberapa tempat yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penularan Covid-19.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa tempat yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penularan Covid-19 (Foto: ilustrasi)
Foto: Pixabay
Ada beberapa tempat yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penularan Covid-19 (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 tampaknya belum akan selesai dalam waktu dekat. Tempat umum yang ditutup untuk membatasi pergerakan orang-orang. Meskipun tempat-tempat umum telah dibuka kembali, ada beberapa tempat yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penularan Covid-19.

Alasannya, beberapa tempat ini merupakan tempat yang memiliki situasi lebih rentan terhadap penularan virus dibandingkan tempat lain. Dilansir di laman Eat This, Selasa (22/12), berikut delapan tempat yang sebaiknya dihindari di masa pandemi, menurut para pakar.

Baca Juga

1. Bioskop

Kenyataannya, bioskop dan tempat musik melibatkan sekelompok orang berdekatan di ruang dalam ruangan yang tidak berventilasi baik. Keduanya menjadi tempat pertama yang ditargetkan  para ahli kesehatan sebagai tempat yang tidak aman saat pandemi. Faktanya, ahli kesehatan, termasuk Dr Anthony Fauci juga berpendapat, pergi ke bioskop tidak akan menjadi agenda untuk satu tahun lagi.

2. Bar atau kafe

Tidak hanya sulit untuk menjaga jarak sosial di bar atau kafe. Tempat ini juga menjadi lokasi banyak orang minum secara terus menerus.

3. Klub malam

Seperti bar, klub malam melibatkan banyak orang di tempat kecil, dan harus dihindari selama pandemi.

4. Kolam renang dalam ruangan dan water park

Meskipun pantai dan kolam renang di luar ruangan mungkin bukan tempat paling berisiko untuk COVID-19, kolam renang dalam ruangan dan water park jauh lebih berbahaya. Sebab, setiap kali sekelompok besar orang berkumpul di ruang dalam ruangan, risiko penularan meningkat. Dengan demikian, sangat sulit untuk menjaga jarak secara sosial atau memakai masker di tempat-tempat seperti ini.

5. Restoran

Fauci juga mengingatkan, makan di dalam restoran bukanlah sesuatu yang dia lakukan selama pandemi.

"Kami tidak melakukan apa pun di dalam. Saya tidak makan di restoran. Kami dibawa pulang,” katanya kepada Washington Post.

6. Kedai kopi

Kafe dan kedai kopi biasanya berukuran lebih kecil sehingga secara umum akan lebih sulit untuk menjaga jarak secara sosial dari orang lain.

7. Berkunjung ke rumah teman

Meskipun kita menerima undangan untuk menghabiskan waktu di rumah teman atau anggota keluarga, sebaiknya kita mengatakan tidak. Pakar kesehatan, mengatakan, lonjakan kasus COVID baru-baru ini adalah hasil dari pertemuan kecil.

8. Mal atau pusat perbelanjaan

Risiko infeksi di ruang dalam ruangan membuat pakar menyarankan untukberbelanja secara daring. Pusat perbelanjaan adalah tempat yang berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement