Selasa 22 Dec 2020 01:19 WIB

Liburan Saat Pandemi, Wajib Perhatikan Hal Ini

Pastikan status pembatasan perjalanan dan kondisi di lokasi yang akan dituju.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Memakai masker dan menjaga jarak merupakan hal wajib dipatuhi bagi para wisatawan di masa pandemi Covid-19 ini. (ilustrasi)
Foto: dok. Istimewa
Memakai masker dan menjaga jarak merupakan hal wajib dipatuhi bagi para wisatawan di masa pandemi Covid-19 ini. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BRISBANE -- Perjalanan wisata lewat jalur darat alias road trip cukup digandrungi pelancong semasa pandemi. Sebelum memulai perjalanan, ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan, begitu juga selama dan sesudah berlibur.

Profesor Thea van de Mortel dari Universitas Griffith di Australia membagikan beberapa kiat agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Tujuannya tentu supaya pelancong turut mencegah penularan Covid-19 agar tidak kian meluas.

Baca Juga

Wakil Kepala (Pembelajaran & Pengajaran) Sekolah Keperawatan dan Kebidanan di universitas tersebut menganjurkan riset terlebih dahulu. Pastikan status pembatasan perjalanan dan kondisi di lokasi yang akan dituju.

"Apabila salah seorang dalam rombongan menunjukkan gejala Covid-19, seringan apapun, segera lakukan tes untuk memastikan orang itu tidak terinfeksi. Jangan sampai membawa Covid-19 ke lokasi yang dituju," ucap Mortel.

Pelancong disarankan mengemas masker, tisu desinfektan, dan cairan sanitasi tangan dengan kandungan alkohol minimal 60 persen. Jika akan menginap, bawa sendiri bantal dan seprai untuk meminimalisasi risiko terinfeksi sekecil mungkin.

Selama perjalanan, selalu bersihkan permukaan yang sering disentuh seperti pegangan pintu mobil, tombol jendela, sakelar lampu, jok, tuas persneling, kaca spion, dan setir. Mortel pun menyarankan tidak banyak bicara dan bernyanyi di mobil.

Ketika berhenti di pom bensin, tempat makan, atau kamar mandi umum, jaga jarak dengan orang lain minimal 1,5 meter. Cuci tangan atau pakai cairan sanitasi sesudah menyentuh permukaan apapun di tempat umum.

Gunakan pembayaran nontunai untuk tetap menjaga jarak sosial serta hindari menyentuh uang kertas maupun koin. Untuk pilihan tempat makan, pilih restoran luar ruang atau tempat yang memiliki sirkulasi udara cukup.

Hotel atau akomodasi sewaan harus dipastikan menerapkan protokol kesehatan yang mumpuni. Jangan lupa gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh di penginapan, dan sebaiknya tidak memakai peralatan minum di ruangan.

"Mengikuti langkah-langkah sederhana ini dapat membantu membuat perjalanan Anda berkesan dengan cara terbaik. Selamat berlibur," ucap Mortel, dikutip dari laman The Conversation.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement