Jumat 18 Dec 2020 07:17 WIB

7 Minuman Enak yang Bisa Bantu Kurangi Nafsu Makan

Kombinasi pola makan sehat dan minuman dapat mengelola nafsu makan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Kombinasi pola makan sehat dan minuman dapat mengelola nafsu makan (Foto: ilustrasi)
Foto: Piqsels
Kombinasi pola makan sehat dan minuman dapat mengelola nafsu makan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghentikan keinginan yang besar untuk menyantap sesuatu seringkali sulit dilakukan. Namun bila dibiarkan, keinginan ini dapat berujung pada makan berlebih dan peningkatan berat badan.

"Cukup makan sepanjang hari merupakan kunci untuk membuat diri Anda tetap tenang dan terbebas dari keinginan makan yang tak terkontrol," jelas ahli gizi dan pendiri Nude Nutrition Katherine Kimber, seperti dilansir EatThis, Jumat (18/12).

Baca Juga

Selain menerapkan pola makan yang seimbang, beberapa jenis minuman juga dapat membantu. Kombinasi pola makan yang sehat dan minuman-minuman ini dinilai dapat memberikan dampak yang signifikan dalam mengelola nafsu makan.

Setidaknya ada tujuh jenis minuman yang dinilai dapat membantu mengontrol keinginan makan. Berikut ini adalah ketujuh minuman tersebut.

Teh Hijau

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu, kombinasi senyawa fenolik bernama katekin dan juga kafein di dalam teh hijau dapat membatu meningkatkan metabolisme. Ahli gizi Anju Mobin menambahka, kombinasi olahraga ketahanan dan konsumsi teh hijau dapat meningkatkan oksidasi lemak secara efektif.

Kopi Hitam

Kopi hitam diketahui memiliki banyak manfaat menyehatkan, salah satunya adalah memiliki sifat antiinflamasi. Penelitian juga menunjukkan adanya hubungan antara kopi hitam dan kesehatan otak. Kopi hitam juga diyakini dapat menekan nafsu makan. Akan tetapi, jangan mengonsumsi kopi hitam dengan penambahan krim atau gula agar manfaat menyehatkannya tidak hilang.

photo
(Foto: Ilustrasi Kopi) - (Pexels)

Cuka Apel Cider

Beberapa studi menunjukkan bahwa cuka apel cider dapat membakar lemak yang terakumulasi di dalam perut. Akan tetapi, jangan mengonsumsi cuka apel cider secara berlebihan. Konsumsi cuka apel cider yang berlebih dapat mengikis email gigi seiring berjalannya waktu.

Jus Seledri

Jus seledri merupakan minuman dengan manfaat antiinflamasi dan mudah diserap oleh tubuh. Untuk membuat jus ini, seledri bisa ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti sayuran berdaun hijau atau bahkan mentimun. Akan tetapi, hindari terlalu banyak menambahkan buah, karena buah mengandung gula. Terlalu banyak asupan gula dapat memicu respons gula di otak dan meningkatkan keinginan untuk makan.

Beragam Teh

Banyak variasi teh yang dapat membantu meningkatkan metabolisme, mulai dari teh biru, teh oolon, hingga teh mint. Selain itu, aroma mint juga dapat membantu menekan nafsu makan. Teh secara umum juga dapat memberikan efek menenangkan, sehingga bisa mendorong penurunan hormon stres yang menyebabkan inflamasi.

Es Teh Tawar

Es teh tawar juga memiliki manfaat yang sama seperti teh hangat. Selain itu, es teh tawar juga bisa menjadi alternatif soda atau minuman bergula lain yang biasa diminum. Akan tetapi, hindari menambahkan gula ke dalam es teh. Gula pasir dan gula buatan dapat memicu keinginan untuk menyantap sesuatu yang manis.

Air Putih

Terkadang, rasa lapar muncul karena tubuh mengalami dehidrasi bukan karena tubuh membutuhkan makan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Air putih merupakan pilihan yang sangat baik untuk menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Minum air putih setidaknya delapan gelas sehari atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement