Selasa 15 Dec 2020 17:04 WIB

4 Bahan Makanan Ini Bantu Atasi Kulit Kering di Musim Dingin

Banyak bahan yang dapat dikomsumsi untuk melembapkan kulit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Banyak bahan yang dapat dikomsumsi untuk melembapkan kulit (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Banyak bahan yang dapat dikomsumsi untuk melembapkan kulit (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meningkatkan kecantikan kulit dari dalam adalah salah satu cara untuk mulai memerangi kulit kering. Mengatasi kulit kering, salah satunya bisa melalui asupan, di mana banyak bahan yang dapat dikomsumsi untuk melembapkan kulit.

Saat mengalami kulit kering dan pecah-pecah pada musim dingin ini, cobalah lebih memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari daripada hanya menggunakan krim topikal. 

Baca Juga

Berikut beberapa bahan makanan yang direkomendasikan para ahli untuk mendapatkan kulit terbaik, dikutip dari laman Shefinds, Selasa (15/12).

 

Makanan Kaya Cairan

Menambahkan lebih banyak makanan kaya air atau mengandung lebih banyak cairan adalah salah satu cara baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi di musim dingin ini. Dana Richard, ahli perawatan kulit, ahli kecantikan berlisensi, dan pemilik Miami Gorgeous, menjelaskan bahwa minum air sangat penting untuk tetap menjaga kulit senantiasa lembab serta tampak sehat. Buah dan sayuran tidak bertepung juga mengandung sekitar 85 persen cairan.

 

Teh hijau

Richard juga merekomendasikan menambahkan teh hijau ke makanan untuk mendapatkan beberapa manfaat utama bagi kulit. Teh hijau dikemas dengan banyak antioksidan sehat sehingga mampu meningkatkan elastisitas kulit.

Teh hijau mudah ditambahkan ke dalam makanan, seperti diseduh di pagi hari atau bahkan menambahkan suplemen ke dalam rutinitas rutin untuk membantu tampil prima. Selain itu, teh juga memiliki manfaat anti-inflamasi.

 

Jahe

Jahe adalah bahan lain yang bisa dipilih untuk mempercantik bibir. Ann Ramark, ahli nutrisi yang mengkhususkan diri pada kesehatan kulit dan blogger “A Younger Skin”, menjelaskan bahwa jahe dalam penelitian tertentu dapat meningkatkan kelembapan kulit. Dengan demikian jahe tepat sekali untuk menjadi konsumsi sehari-hari. Jahe paling mudah dinikmati sebagai minuman hangat di musim dingin ini. 

 

Buah dan Sayuran Berwarna

Remark juga merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak warna pada asupan sehari-hari. Dia menyarankan "buah dan sayuran berwarna seperti wortel, brokoli, melon, mangga, kesemek, kangkung, dan tomat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement