Kamis 10 Dec 2020 17:30 WIB

Sterilisasi Buku, Perpustakaan Jepang Gunakan Lampu UV

Mesin UV digunakan untuk mensterilisasi buku di perpustakaan Jepang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Lampu UV dipakai di perpustakaan Jepang untuk sterilisasi koleksi bukunya.
Foto: EPA
Lampu UV dipakai di perpustakaan Jepang untuk sterilisasi koleksi bukunya.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO-- Perpustakaan di Jepang berharap mesin yang mensterilkan buku menggunakan sinar ultraviolet dapat membuat pengunjung merasa tenang untuk meminjam buku selama pandemi Covid-19. Mesin itu sangat baru dan juga dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Dilansir Reuters, Kamis (10/12), banyak dari mereka yang berada di perpustakaan pada Rabu (9/12). Eriko Isozaki, yang datang ke perpustakaan setiap pekan untuk meminjam buku anak-anak, mengatakan bahwa mesin itu menghibur putranya.  Putra Isozaki tampak terpesona dengan sinar ultraviolet biru.

Baca Juga

"Saya tidak yakin seberapa efektif ini, tapi menurut saya ini lebih baik daripada tidak sama sekali dan itu menyenangkan. Anak saya sepertinya menikmati menonton (mesin)," kata Isozaki.

Banyak pengunjung perpustakaan yang sudah tua. Jadi, menjaga mereka tetap aman adalah hal yang sangat penting.

Banyak dari pengunjung menggunakan mesin tersebut saat mengembalikan buku, termasuk Yasuhito Kobayashi yang berusia 77 tahun. "Saya merasa lega karena ini mensterilkan buku... Tapi saya tidak yakin apakah itu benar-benar efektif," ujar Kobayashi.

Meskipun telah menghindari sejumlah besar kasus Covid-19 dan kematian yang terlihat di negara lain di seluruh dunia, Jepang sekarang mengalami gelombang ketiga. Hingga Rabu, Jepang telah melaporkan 167.330 kasus virus corona, dengan 2.458 kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement